Cara Install Windows 7, Plus Panduan Videonya

by aries on June 10, 2014

Karena cara install windows xp sudah saya bahas lengkap dengan panduan tutorial video. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara install windows 7. Berikut langkah-langkahnya;

Cara install windows seven

  1. tentunya kita membutuhkan OS Windows 7, baik dalam bentuk kepingan CD yang sudah dimasukkan dalam CDROM ataupun USB Flashdisk yang sudah dicolokkan ke computer.
  2. Sebelum melakukan instalasi sebuah windows, hal yang harus diperhatikan adalah mengatur booting bios dari USB Flashdisk atau CDROM menyesuaikan kebutuhan. Setelah setingan tersebut benar secara otomatis akan ada tampilan ‘windows is loading file’.
  3. tunggu proses tersebut berlangsung sampai muncul kotak dialog install windows. Klik Next kemudian klik Install Now jika memang kamu ingin memperbaharui instalasi windows 7 secara keseluruhan. Atau klik repair your computer jika kamu hanya menginginkan perbaikan saja. Artinya sebelumnya kamu sudah install windows 7, hanya saja windows tersebut mengalami eror sehingga butuh perbaikan.
  4. tunggu prosesnya sampai tulisan ‘setup is starting’ yang ditampilkan hilang kemudian muncul ‘please read the license term’. Checklist pada kotak ‘I accept’ kemudian klik Next.
  5. pada tampilan ‘where do you want install windows’ klik drive option – klik New jika hardisk tersebut masih belum dipartisi (Unallocated Space), kemudian masukkan size sesuai kebutuhan lalu klik Apply.
  6. sebelum melakukan langkah No. 8 ada baikknya backup data yang dibutuhkan ke hardisk external atau sejenisnya untuk mengantisipasi dari kesalah dalam format atau partisi yang menyebabkan semua data hilang.
  7. setelah itu, klik Disk: 0 Partition 2 lalu klik Next.
  8. setelah itu akan ada proses copy file windows 7 dari OS USB Flasdisk atau CD OS ke dalam hardisk. Ini membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Biarkan saja proses ini, karena semua berjalan otomatis.
  9. apapun yang terjadi, seperti komputer akan restart dengan sendirinya, biarkan saja proses install window 7 ini berlangsung sampai muncul kotak dialog untuk memasukkan user computer.
  10. setelah itu masukkan password, namun ini tidak harus. Artinya kamu bisa langsung klik Next untuk melewatinya.
  11. masukkan product key pada form yang tersedia. Produk key atau serial number ini sudah disertakan dalam CD OS Windows 7 Original atau terdapat di casing komputer/ laptop jika kamu membelinya satu paket dengan OS Windows 7 Original. Jika kamu tidak memasukkan serial number, langsung dilewat dengan klik Next, maka windows 7 tersebut versinya trial sampai 30 hari.
  12. pada kotak dialog yang ditampikan, pilih use recommended setting, kemudian pilih zona waktu sesuai tempat di mana kamu tinggal. Untuk Indonesia adalah UTC +07:00. Sesuaikan setting tanggal dan jamnya sekalian setelah itu klik Next.
  13. dengan demikian install window 7 ini telah selesai, biarkan sampi muncul desktop windows 7 nya.

Untuk mempermudah tentang cara install window 7, berikut saya sertakan panduan berupa tutorial videonya di bawah ini.

Untuk memastikan apakah Windows 7 tersebut masih membutuhkan driver atau tidak, gunakan software pendeteksi driver windows.

Comments on this entry are closed.