Cara Masuk EDL 9008 Redmi 4 Prada Dengan Atau Tanpa Test Point

by aries on September 3, 2017

Sebagiamana kita ketahui, Xiaomi merupakan salah satu produk smartphone yang mengunci bootloadernya. Hal ini bertujuan agar standart system operasi Android pada Xiaomi tidak diuprek. Uprek HP, apalagi untuk melakukan UBL (unlock bootloader) sangat beresiko HP jadi bricked atau matot. Kalau sudah demikian, solusinya tidaklah gampang, harus diserahkan kepada orang (konter) yang berkompeten dibidangnya.

Cara Test Point Redmi 4 Prada

Namun terkadang posisi locked bootloader ini juga menjadi masalah tersendiri, suatu contoh ketika HP Xiaomi bootloop dan masih terkunci bootloadernya. Untuk melakukan flashing HP dengan kasus seperti ini harus masuk ke mode download atau EDL 9008. Untuk masuk mode download 9008 setiap HP Xiaomi berbeda-beda, tergantung tipe dari Xiaomi itu sendiri. Sebagai contoh di sini adalah Xiaomi Redmi 4 Prada yang memiliki dua cara untuk masuk ke mode download 9008, berikut penjelasannya;

  1. Dengan kombinasi tombol

Cara pertama adalah cara yang paling mudah dan minim resiko karena kita tidak perlu membongkar HP untuk melakukan test poin. Caranya adalah Xiaomi Redmi 4 Prada dalam keadaan mati tekan dan tahan kedua tombol (volume atas dan bawah) sambil dikonesikan ke PC dengan kabel USB, setelah ada tanda getar pada Xiaomi tersebut lepaskan kedua tombol tadi. Selanjutnya lihat pada device manager PC, di sana nanti akan terbaca Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 jika memang kita sudah install driver Qualcomm-nya. Bagi yang belum punya driver Qualcomm bisa download dari link http://bit.ly/2kWZTFy

  1. Test Point

Test point Xiaomi Redmi 4 Prada dilakukan ketika cara pertama yang sudah saya jelaskan di atas tidak work. Misalnya karena salah satu tombol volume rusak atau Xiaomi Redmi 4 Prada bricked terbaca Qualcomm HS-USB Diagnostics 900E di device manager PC, ataupun hal lain yang menyebabkan tidak bisa menggunakan opsi atau cara yang pertama. Untuk melakukan test point kita harus mebuka casing bagian belakang, jangan lupa pada bagian bawah (dekat plugin cas) ada skrup atau baut yang mesti dilepas terlebih dahulu.

Terkait cara bongkar casing Xiaomi Redmi 4 Prada, agan bisa Googling atau cari di Youtube. Di sini saya lebih fokus menjelaskan tentang cara test point Xiaomi Redmi 4 Prada. Setelah casing dan penutup board bagian atas terbuka silahkan hubungkan dua titik [penjelasan lihat gambar diatas] dengan pinset atau semacamnya sambil dikonekasikan ke PC dengan kabel USB. Setelah konek, angkat pinset pelan-pelan dan perhatikan pada devices manager PC, disana akan terbaca Qualcomm HS-USB QDLoader 9008.

Setelah terbaca 9008, kita tinggal melakukan flashing seperti biasa dengan menggunakan Miflash terbaru untuk yang menggunakan Windows 32 bit atau Miflash 2016 64 bit untuk yang memakai Windows 64 bit.

Catatan:

Sebelum saya mencoba dua acara yang sudah saya jelaskan di atas, terlebih dahulu sudah saya gunakan kabel EDL Xiaomi namun gagal (tidak bisa masuk ke 9008)

{ 0 comments… add one now }

Leave a Comment