Cara Melihat & Mengatur Penggunaan Data Internetmu

by aries on July 2, 2015

Kita semua sudah pasti tahu, bahwa penggunaan data internet saat ini sudah menjadi komoditi utama di dunia yang serba gadget seperti sekarang, dan setiap MB sangatlah berharga. Itulah mengapa, Google memutuskan untuk melempar tulang kepada para pengguna Android dengan menyertakan beberapa tool manajemen data yang bagus. Berikut akan diulas mengenai cara menggunakan tool tersebut agar tetap bisa mengontrol penggunaan datamu dan menjaga agar kantongmu tidak cepat terkuras.

mengatur penggunaan data

Untuk mengakses tool manajemen data di Android, pergilah ke menu Setting lalu pilih menu Data Usage. Pada menu tersebut, kamu akan melihat beberapa opsi yang bisa kamu pilih, antara lain :

• Melihat jumlah data keseluruhan dalam setiap jenis koneksi (Mobile/ Wi-Fi)

Penggunaan data yang tampil secara default adalah mobile data. Kamu akan bisa melihat penggunaan datamu berdasarkan pengaturan daur penggunaan (data usage circle), di mana kamu bisa menambahkannya sesuai kebutuhan. Untuk bisa melihat penggunaan data via Wi-Fi, kamu harus menekan tanda tiga titik vertikal di pojok kanan atas, lalu pilih opsi Show Wi-Fi Usage. Dari sana, kamu bisa menggeser antara jendela Mobile dan Wi-Fi untuk bisa melihat penggunaan di setiap kategori.

• Melihat jumlah data yang digunakan oleh setiap aplikasi yang berjalan

Pada menu App Usage, kamu bisa melihat daftar aplikasi yang sudah kamu gunakan selama daur penggunaan yang telah kamu pilih, dan jumlah total data yang telah digunakan oleh aplikasi tersebut. Jika kamu memencet pada suatu aplikasi, maka akan terbuka lampiran jumlah total penggunaan data untuk aplikasi tersebut. Kamu bisa melihat Foreground data usage, Background data usage, app setting, dan mengatur penggunaan data untuk aplikasi tersebut.

• Mengatur tingkat peringatan atau membatasi penggunaan data

Dari halaman utama menu Data Usage, kamu akan melihat grafik dengan garis tanda peringatan berwarna oranye. Kamu bisa menambah garis ini dengan mendrag ke atas atau ke bawah dan mengatur jumlah pemakaian yang kamu rasa nyaman digunakan sebelum terkirim sebagai notifikasi peringatan.

Kamu juga bisa mengatur batas maksimal (hard limit) dengan mencentang kolom disamping “Set mobile data limit”. Saat sudah tercentang, garis batas ke dua berwarna merah akan diaktifkan. Garis ini bisa ditambahkan hanya sebagai garis peringatan, dan akan menonaktifkan koneksi datamu saat kamu sudah mencapai garis batas ini. Namun disarankan, pengaturan ini berada dibawah batas data yang kamu alokasikan (jumlah total kuota internetmu), untuk memastikan tidak akan ada penambahan biaya (kecuali jika kamu tidak masalah harus menggunakan pulsa regulermu).

• Mengatur data background yang digunakan oleh setiap aplikasi seperlunya

Untuk mengatur penggunaan data dari setiap aplikasi, terlebih dahulu kamu harus mengatur “mobile data limit”. Saat hal tersebut sudah di set, cukup klik pada aplikasi yang kamu ingin pada halaman utama Data Usage dan kamu akan dibawa ke halaman data aplikasi tersebut, dan bisa menonaktifkan background data pada ‘mobile data network only’ (Wi-Fi akan bisa digunakan saat tersedia jaringannya).

• Mematikan Mobile Data (paket data)

Untuk mematikan sepenuhnya mobile data, cukup geser tombol yang ada di atas halaman Data Usage ke posisi “Off”.
Atur dan batasilah penggunaan datamu, untuk menghemat kuota paket data internetmu agar tidak kebablasan !

Comments on this entry are closed.