Cara Memainkan Game PSP di Ponsel Android

by Ummy Tsabit on February 8, 2016

Kini eranya sudah berganti dengan era smartphone. Smartphone yang hadir dengan dilengkapi spesifikasi hardware mengagumkan, membuatnya mampu menjalankan game-game terbaik dengan grafik yang intens. Meski begitu, bukan berarti kita bisa melupakan dan meninggalkan hal-hal yang klasik begitu saja. Tentu kamu ingat, dulu ada saat dimana PSP (PlayStation Portable) sangat booming di masyarakat, dan merajalela dimana-mana. Bisa dibilang, dulu PSP merupakan sebuah perangkat wajib bagi para pecinta game. Namun itu semua kini sudah tergusur oleh smartphone modern yang memiliki spesifikasi solid. Baca juga : Era Kebangkitan Mobile Gaming Android

cara main game PSP di Android

Untungnya, jika kamu merupakan salah seorang penggemar setia PSP dan masih kangen untuk menggunakannya kembali, maka kamu tidak perlu mengucapkan selamat tinggal ke game-game yang terdapat di PSP, karena mereka kini juga bisa dijalankan di ponsel Android. Dengan menggunakan emulator khusus, kamu dengan mudah bisa memainkan hampir semua jenis game PSP pada ponsel Androidmu, dan berikut ini akan kami ulas tentang bagaimana cara melakukannya :

Catatan : performa dari gamenya, tergantung pada seberapa baik hardware ponsel Android yang kamu gunakan. Beberapa game mungkin akan bekerja dengan sedikit lambat, dan beberapa yang lain bahkan mungkin tidak akan bekerja sama sekali. Jadi, sangat disarankan jika ponsel Android yang kamu gunakan tergolong ke dalam kelas middle-end hingga high-end.

PSP Emulator

Untuk bisa menjalankan game PSP di ponsel Android, hal yang paling penting adalah untuk menginstal PSP Emulator. Ada banyak sekali PSP Emulator yang kini tersedia di Google Play Store, namun tidak semuanya bagus. Pada tutorial kali ini kita akan menggunakan PPSSPP Emulator yang memiliki kinerja lumayan bagus. Kamu bisa mendownloadnya di Google Play Store selama kamu memiliki Android versi 2.3 (Ginger Bread) ke atas. Meski begitu, aplikasi ini tidak hadir dengan dilengkapi setiap jenis game PSP, jadi kamu  juga harus menambahkan file .ISO atau  .CSO game PSP ke ponselmu untuk bisa memuat gamenya ke Android.

Cara mendapatkan ISO Image game PSP

Untuk memulai memainkan game PSP di aplikasi PPSSPP, maka pertama-tama kamu perlu untuk menciptakan sebuah ISO Image dari PSP UMD (Universal Media Disk). Untungnya, proses ini tidak terlalu susah dan mungkin sepenuhnya gratis dan legal untuk membuat ISO Image dari game PSP milikmu sendiri untuk penggunaan pribadi. Setelah kamu sukses mendownload game PSP yang kamu sukai, ekstrak file yang sudah di download tadi dengan menggunakan aplikasi RAR for Android sehingga mendapatkan sebuah file .ISO atau .CSO

Jika masih belum jelas, pada halaman FAQ PPSSPP kamu akan menemukan semua informasi yang diperlukan untuk bisa membuat ISO Image dari disk PSP UMD mu. Cukup ikuti instruksi tersebut untuk membuat ISO Image dan kamu juga bisa menyalinnya ke ponsel Android milikmu dari PC.

Cara menggunakan PPSSPP

Sekarang setelah kamu memiliki ISO Image di ponsel Androidmu, maka untuk bisa memainkan game tersebut di PPSSPP cukuplah sederhana. Caranya, buka dan jalankan aplikasi PPSSPP dan arahkan ke tabulasi “Game”. Disini, kamu akan menemukan semua folder ponselmu. Kamu tinggal harus mengarahkannya ke folder dimana kamu meletakkan ISO Image dan kamu akan menemukan gamenya disana. Lalu, tap folder tersebut untuk memulai game.

Tombol-tombolnya aka ditampilkan tepat dibagian sisi layar dan kamu bisa menyentuhnya untuk dapat menggunakannya. Namun, pengalaman bermain PSP di ponsel tidak akan sebagus ketika bermain di PSP asli yang dilengkapi dengan tombol fisik,  namun seiring waktu kamu pasti akan mulai terbiasa.

Ada banyak juga pengaturan untuk melakukan kostumisasi agar bisa meningkatkan performanya atau membuatnya mudah untuk memainkan game sesuai keinginanmu. Tap pada menu “Setting” di antarmuka utama, dan kamu akan menemukan semua opsi yang bisa kamu atur.

Comments on this entry are closed.