Cara Mematikan Auto Update Aplikasi Di Google Play Store

by aries on October 3, 2016

Jika kamu telah mengunduh banyak aplikasi dan game di smartphone mu, maka kamu pernah mengalami kejadian di mana Google Paly secara membabi buta melakukan update secara otomatis (auto-update) pada setiap aplikasi yang sudah terpasang di HP mu. Tentu ini sangat menjengkelkan karena paket data internet yang kamu miliki akan segera menguap dan terkuras habis.

Untungnya, hal ini mudah sekali untuk diatasi. Berikut akan kami ulas tentang bagaimana cara menghentikan aplikasis untuk melakukan update otomatis alias auto update sehingga Google Play hanya akan melakukan update sesuai dengan keinginanmu :
Sebagai aturan umum, semua aplikasi yang telah kamu install dari Google Play akan mendownload pembaruan (update) secara otomatis dalam rangka untuk meningkatkan performa mereka pada tablet atau smartphonemu :

Secara umum, ini adalah hal yang baik, tetapi juga dapat memperlambat kinerja telepon, menghabiskan kuota data ponselmu dan menghentikanmu dari melakukan hal-hal lain dengan perangkatmu. Di sinilah mengapa melakukan pembaruan aplikasi secara manual bisa menjadi lebih praktis.

Cara mematikan auto-update aplikasi di Google Play

1. Buka Google Play dan tekan ikon tiga garis horizontal (burger) di pojok kiri atas. Pilih menu ‘Setting’.
2. Di bagian Setting, pilih Auto Update Apps (perbarui aplikasi secara otomatis).
3. Kamu akan melihat tiga pilihan (yang bisa kamu ubah sewaktu-waktu), yakni : Do not auto-update apps (jangan perbarui aplikasi secara otomatis); Auto-update apps at any time. Data charges may apply (perbarui otomatis kapan saja. Mungkin dikenakan biaya data).; and Auto-update apps over Wi-Fi only (perbarui aplikasi secara otomatis hanya melalui Wi-Fi).
4. Pilih yang nomer satu. Dan ingat bahwa dengan memilih ini berarti kamu akan selalu butuh untuk memperbarui secara manual semua aplikasi di masa mendatang. Jika kamu masih ingin agar aplikasi bisa update otomatis, hanya saja tidak menggunakan paket data, maka pilih Auto-update apps over Wi-Fi only.

Cara melakukan update aplikasi secara manual di Play Store

Jika kamu sudah menyuruh Play Store untuk tidak melakukan auto-update, maka kamu harus melakukannya secara manual. Untuk melakukan update manual, kamu harus pergi ke menu My Apps di Google Play.

Kamu akan melihat tab yang terdiri dari aplikasi yang terpasang, dan aplikasi yang pernah didownload. Di bagian daftar aplikasi terpasang, akan terbagi menjadi beberapa kategori, yakni : update, recently update, dan up-to-date. Aplikasi dengan pembaruan terbaru yang tersedia tercantum di bagian atas. Kamu dapat memilih untuk menginstal mereka satu per satu atau semua dari mereka dengan menekan tombol Perbarui Semua di bagian atas.

Comments on this entry are closed.