Cara Membaca Pesan WhatsApp Tanpa Diketahui Pengirimnya

by Ummy Tsabit on June 24, 2016

Seperti yang sudah kita semua tahu, bahwa WhatsApp akan memberikan tanda centang biru yang akan memberitahukan pengirim jika si penerima sudah membaca pesannya. Sebenarnya fitur seperti ini memiliki keuntungan dan kerugian sendiri-sendiri. Keuntungannya adalah, kamu akan mengetahui apakah penerima sudah membaca pesannya atau belum. Namun di waktu yang sama, kerugiannya adalah jika kamu tidak membalas segera sang pengirim, maka sang pengirim mungkin merasa canggung dan akan beranggapan bahwa kamu telah mengacuhkannya. Untuk mengindari situasi yang serba salah ini, berikut adalah beberapa metode sederhana yang bisa kamu gunakan untuk membaca  pesan WhatsApp tanpa harus menarik perhatian mereka dengan memicu tanda centang biru ;

Menonaktifkan opsi Read Receipts

Menonaktifkan opsi Read Receipts mungkin adalah metode termudah untuk membaca pesan WA tanpa memberitahu pengirim. Dengan demikian, kamu akan menonaktifkan kemampuan WhatsApp untuk menunjukkan tanda centang biru untuk pengirim yang memberitahu mereka bahwa kamu telah membaca pesan mereka. Tapi kelemahannya adalah bahwa kamu juga tidak akan dapat melihat tanda centang biru ganda ketika seseorang telah membaca pesanmu. Berikut adalah cara untuk menonaktifkannya :

  • Buka WhatsApp dan pergi ke menu ‘Setting’ (setelan)
  • Tekan opsi ‘Account’ (akun) lalu kemudian ‘Privacy’ (privasi)
  • Lalu hilangkan tanda centang pada opsi ‘Read Receipts’ (laporan dibaca)

Baca dari bar notifikasi

Ini merupakan metode sederhana lain untuk membaca pesan WA tanpa harus memberitahu pengirim. Jadi, kapanpun kamu mendapatkan pesan WA, maka itu akan memunculkan notifikasi di bar notifikasi. Kamu cukup mengusap ke bawah area notifikasi dari atas layar, dan kamu bisa dengan mudah membaca pesan selengkapnya atau hanya sebagian melalui bar notifikasi tanpa harus membuka aplikasinya. Tanda centang biru hanya akan muncul ketika kamu membuka aplikasi WA untuk membaca pesannya.

Mematikan koneksi WiFi / Paket data internet

Begitu kamu mendapat pesan WA, jangan segera membuka aplikasinya secepatnya, matikan koneksi WiFi atau atau paket data dan ini akan membuat WA dalam posisi offline. Lalau pergilah ke depan dan membaca tulisannya, dan kamu tidak akan pernah membuat sang pengirim tahu kamu sduah membacanya karena kamu akan membaca pesannya dari cache aplikasi. Untuk memastikan bahwa kamu tidak membuat jebol kuotamu, maka pastikan kamu sudah menutup WA sebelum mematikan koneksi internet.

Menempatkan widget WA di Home Screen.

Jika kamu tidak ingin mendapat aksi yang ekstrem selama buan puasa, estrim mematikan semua konektivitas ponselmu. Kamu dapat menempatkan WhatsApp widget di layar rumahmua untuk membaca pesan sekilas. Berhubung membaca pesan melalui widget tidak membuka aplikasi WA nya langsung, sehingga kamu bisa menjaga agar tanda centang biru tidak muncul. Kamu bahkan dapat membalas pesan lainnya tanpa harus mengirim tanda terima untuk sang penerima dibaca untuk pengirim yang ingin k Mmpi abaikan. Namun masalah dari metode ini adalah kamu hanya  dapat melihat pesan teks dan emoticon saja, sedang untuk gambar, video, dan catatan suara tidak didukung.

Untuk menambahkan widget WhatsApp ke layar awal, tekan dan tahan pada area yang kosong dari layar, kemudian pilih Widgets. Terus gesek sampai kamu menemukan WhatsApp, tekan dan tahan pada widget WhatsApp, kemudian tarik ke mana Anda ingin untuk muncul di layar rumah.

 

Comments on this entry are closed.