Cara Membatasi Akses User di Windows 7

by aries on June 13, 2014

Sudah barang tentu setiap laptop, netbook atau komputer yang kita miliki pernah atau bahkan tidak jarang digunakan oleh orang lain. Hal seperti ini tidak bisa dihindari, apalagi mereka yang mau pinjam adalah sudara atau teman dekat, pasti tidak enak kan untuk berkata ‘jangan’. Padalah di sana ada beberapa data pribadi yang tentunya bukan untuk dikonsumsi publik.

Cara Membatasi Akses User di Windows 7

Melihat celah ini, Microsoft sangat cerdas dengan menambahkan fitur untuk membuat akun lebih dari satu user. Ini untuk mencegah dibukanya file, dibukanya aplikasi, di uninstalnya aplikasi dan lainnya sesuai dengan batasan yang bisa kita buat sendiri. Berikut langkah cara membatasi akses user di Windows 7;

  1. klik tombol Start, lalu kilk ikon atau foto profil dari user administrator.
  2. buat password dulu untuk user administrator. Caranya; klik create a password for your account kemudian isikan password. Setelah itu klik create password.
  3. Kemudian klik manage another accountcreate a new account.
  4. pada kotak dialog yang ditampilkan, ketik nama akun – checklist standard user – kemudian klik create account.
  5. pilih set up parental controls – klik user akun yang baru saja kamu buat dan checklist On, enforce current setting.
  6. pada gambar di atas (gambar No. 9) ada tiga fitur pilihan untuk membatasi akses user. Time limit: membatasi akses menurut hari dan jam. Artinya jika ini diaktifkan, maka user tersebut tidak bisa mengakses pada jam dan hari yang telah kamu tentukan. Game rating: untuk membatasi user dalam akses game, jika diaktifkan otomatis user tidak bisa maen game saat menggunakan komputer milik kita. Program limit: membatasi akses untuk aplikasi, misalnya user tidak bisa menggunakan video player, tidak bisa uninstall program dan lain sebagainya. Ini tentunya menyesuaikan kebutuhan.
  7. dari ketiga fitur batasan yang telah ditawarkan, saya akan ambil contoh membatasi pada akses sebauh program (program limit).
  8. klik off pada program limits – checklist [user akun yang dibuat] can only use the programs I allow. Kemudian checklist program apa saya yang diperbolehkan. Otomatis yang tidak di checklist adalah program yang nantinya tidak bisa di akses oleh user tersebut.
  9. setelah semua selesai, klik Ok kemudian restart computer. Masuk ke user akun yang telah dibuat. Bukan masuk sebagi administrator. Lihat keterangan gambar paling atas.
  10. coba akses program yang diblok oleh administrator. Jika program tersebut tidak bisa dibuka dan ada peringatan blok maka sukseslah pembatasan yang kamu buat.

Supaya lebih mudah dalam memahami cara memberi batasan akses user di windows 7, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama.

Comments on this entry are closed.