Cara Membebaskan Lebih Banyak Ruang Penyimpanan Android

by Yaniar Asmara on March 19, 2017

Munculnya pesan error ‘Insufficient Storage Available’ salah satunya disebabkan oleh sudah penuhnya ruang penyimpanan di ponsel Androidmu. Semakin ponsel atau tablet Android yang kita miliki mampu melakukan lebih banyak tugas dan lebih canggih, entah itu untuk mengambil foto dan video beresolusi tinggi, memainkan game intensif atau mendownload berbagai aplikasi yang ada di Google Play Store, maka akan semakin cepat pula ruang penyimpanan ponsel menjadi penuh.

Namun bukanlah perkara yang sulit untuk hanya mengambil sedikit ruang pada penyimpanan Android, bahkan meski dengan ponsel yang memiliki memori internal 16 atau 32 GB sebagai standarnya, jika kamu bisa cermat dan lihai dalam mengatur penggunaan ruang penyimpanan. Berikut adalah beberapa tips untuk bagaimana cara membebaskan lebih banyak ruang pada Android, beserta trik agar kamu bisa mendapatkan lebih banyak ruang penyimpanan di Android :

Cara membebaskan lebih banyak ruang di Android

  • Backup foto dan video ke Google Photos, lalu hapus mereka dari ponselmu

Foto dan video adalah salah satu pelahap ruang penyimpanan terbesar dalam setiap ponsel Android, dan lebih boros lagi jika mereka diambil dari kamera dengan jumlah resolusi megapixel yang tinggi pula.

Download aplikasi Google Photos dari Google Play, lalu pada menu Setting, pilih menu ‘Backup all photo and video over Wi-Fi’. Saat semua media sudah ditransfer, maka kamu bisa menghapusnya dari ponselmu (meski begitu, kamu harus ekstra hati-hati untuk menghapusnya dari Gallery daripada dari Google Photos itu sendiri).

  • Pindahkan data yang lainnya ke Google Drive

Dengan metode yang hampir sama untuk memindahkan foto dan video ke Google Photos, kamu juga bisa menggunakan Google Drive atau layanan penyimpanan Cloud gratis lain seperti Dropbox untuk menyimpan jenis file yang lain. Kedua langkah ini bisa berguna meskipun kamu tidak mengalami kekurangan ruang penyimpanan, berhubung hal tersebut akan berarti kamu tidak akan kehilangan mediamu saat ponselmu rusak atau hilang. Satu-satunya kekurangan dari langkah ini adalah bahwa kamu akan membutuhkan sambungan internet yang aktif untuk bisa melihat filemu.

  • Hapus setiap aplikasi dan game lama yang sudah tidak kamu gunakan

Beberapa aplikasi dan game ternyata mengkonsumsi jumlah penyimpanan yang mengejutkan, dan jika kamu sudah tidak menggunakannya lagi maka mereka tidak perlu lagi untuk menelan banyak ruang di ponselmu. Jika kamu akhirnya memutuskan kamu membutuhkan mereka lagi, maka kamu tinggal mendownloadnya lagi. Setiap aplikasi yang pernah kamu unduh di Google Play akan selalu tersedia di setiap perangkat Android di mana kamu login kedalamnya menggunakan akun Googlemu.

Untuk mencari daftar aplikasi dan game yang pernah kamu download, kamu tinggal membuka Google Play, tap ikon tiga garis (humberger) di pojok kiri atas untuk membuka menu setting, lalu pilih ‘My apps & games‘. Tabulasi ‘Installed’ akan menunjukkan setiap aplikasi yang ada di ponsel atau tabletmu. Untuk menghapusnya, kamu tinggal memilih aplikasi yang kamu mau, dan pilih ‘Uninstall’.

  • Bersihkan file cachemu

File cache adalah sebagian data yang disimpan oleh aplikasi, setiap kali kamu menggunakannya. Seiring waktu, kamu bisa mengumpulkan jumlah data cache yang menghawatirkan, jadi jika kamu ingin mencari cara untuk menghemat beberapa ruang, maka membersihkan file lama ini adalah awal yang baik. Buka menu ‘Setting’ dan pilih ‘Storage’, dan gulir ke bawah lalu pilih ‘Cached Data’. Pilih OK untuk menghapus semua data cache untuk semua aplikasi.

  • Hapus downloadan lama

Setiap kamu mendownload file PDF, gambar, atau dokumen lain dari website, maka itu akan tersimpan di folder Download, dan kamu mungkin sudah tidak memerlukannya lagi. Jika kamu memiliki aplikasi File Manager, maka gunakan ini untuk mencari letak folder Download dan hapus setiap file yang tidak kamu perlukan. Alternative lain, kamu bisa menambahkan shortcut Download di tirai aplikasimu agar bisa dengan mudah mencari file yang ingin kamu hapus.

  • Pindahkan file ke kartu micro SD

Jika ponselmu menyediakan slot micro SD, kamu bisa menggunakannya untuk menyimpan foto, video, dan file lain di ponselmu. Tergantung merek ponsel dan system operasi yang digunakan, kamu mungkin tidak bisa menyimpan beberapa jenis aplikasi ke micro SD, namun meski begitu kamu bisa memformat micro SD sebagai memori internal.

Comments on this entry are closed.