Cara memberi password pada dokumen MS Word

by aries on August 3, 2014

Sebuah dokumen yang tersimpan berupa file MS Word bisa jadi sangat penting dan rahasia sehingga kita tidak ingin orang lain melihat atau merubahnya. Dengan menyembunyikan file tersebut, mungkin bisa menjadi salah satu solusinya. Namun, hal ini masih rawan dan belum bisa menjamin 100% aman. Maka dari itu, memberi password pada dokumen MS Word sangat lah penting.

Cara memberi password pada dokumen MS Word

Dengan adanya password tersebut, dokumen jadi terlindungi sehingga tidak sembarang orang bisa membuka apalagi merubahnya. Mengenai caranya, silahkan simak tutorial berikut ini;

  1. buka file dokumen Ms Word yang ingin dipasangi password, atau kamu bisa membuat dokumen baru.
  2. setelah selesai mengetik, klik Save (Ctrl + S) dan pilih Tool yang terletak di atas bagian kanan lalu klik Security option (untuk Ms Word 2003). Lihat keterangan gambar di atas
  3. pada dialog Security, ada dua kolom password yang harus kamu isi. Pertama password to open, artinya seseorang yang tidak tahu password-nya secara otomatis tidak akan bisa membuka file dokumen tersebut. Yang kedua adalah password to modify, artinya jika saja ada yang mengetahui password untuk membuka (password to open), namun tidak mengetahui password modify, maka mereka hanya bisa melihat isi dokumen tersebut tanpa bisa mengedit atau merubah isi dokumen yang ada.
  4. Setelah memasukkan dua password di atas, klik Ok dan masukkan kembali password to open serta password to modify untuk memastikan bahwa password sudah benar.
  5. setelah selesai, klik Save.
  6. untuk MS Word versi 2007 atau 2010 letak Tool berada di bagian bawah sebelah kiri. Dan bahasa ‘Security option’ diganti menjadi ‘General Option’. Langkah selanjutnya untuk memberi password pada dokumen Ms Word 2007 atau 2010 sama dengan Ms Word 2003.
  7. bagaimana dengan Ms Word 2013 atau Ms Word versi terbaru? Untuk yang ini saya belum mencobanya. Namun, saya yakin caranya sama saja atau sedikit beda bahasa. Jadi kembangkan tutorial ini ya.

Kesimpulan

Memberi password pada dokumen Ms Word meliputi 2 tahap, yakni password to open dan password to modify, namun untuk yang kedua tidak harus. Hanya saja lebih baik dikasih untuk memberikan tingkat kemanan yang berlapis.

Supaya lebih mudah dalam memahami tentang cara memberi password pada dokumen Ms Word, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama.

Comments on this entry are closed.