Cara Membersihkan Kamera Hp

by Siti Eka Kurniati on September 30, 2015

Tidak dipungkiri, kamera seperti sudah menjadi perangkat wajib yang musti ada di ponsel. Bahkan para developer berlomba-lomba untuk memasang kamera dengan kualitas terbaik pada brand mereka. Kamera juga menjadi salah satu pertimbangan penting bagi para pengguna yang ingin membeli sebuah ponsel.

menghilangkan goresan kamera hp

Namun, lama kelamaan kamu pasti kamera ponselmu akan blur atau terdapat goresan pada lensanya. Itu karena kita sering meletakkan hp dengan keadaan terlentang (layar menghadap ke atas) supaya kita bisa dengan cepat melihat notif di ponsel. Tapi posisi tersebut akan membuat kamera utama yang biasanya terletak di bagian belakang akan sering terkena goresan. Selain goresan, ponsel yang terlalu lama berada di terlalu lama di tempat yang tertutup seperti berada dalam saku. Ponsel akan lembab dan tampilan kamera akan menjadi buram. Kalau sudah seperti ini bagaimana cara mengatasi dan membersihkannya? Simak tips berikut ini.

Cara membersihkan kamera hp sebenarnya hampir mirip dengan cara membersihkan layar hp android. Bisa menggunakan tissue, kain halus, kapas atau cotton bud. Tapi INGAT!! Jangan langsung menerapkan benda-benda tersebut langsung ke kaca kamera. Walaupun semua benda tersebut (tissue, kain halus, kapas, cotton bud) kesannya memang halus, tapi tidak menutup kemungkinan akan menggores kaca kameram hpmu. Jadi, saat membersihkan kamera hp sebaiknya kamu membasahi lebih dulu barang yang kamu gunakan untuk melap bagian kaca kamera dengan cairan pembersih kaca atau alcohol 70%. Berhati-hatilah supaya cairan tidak masuk ke dalam perangkat.

Selain melap dengan bahan yang halus, kamu bisa menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan goresan yang ada di kaca. Seperti cara kita membersihkan layar hp, gunakanlah pasta gigi yang tidak ada butiran kasarnya karena butiran tersebut malah akan semakin menambah goresan pada kaca kamera. Lumurilah kaca kameramu dengan pasta gigi lalu tekan-tekan sedikit menggunakan cotton bud pada bagian yang terdampak goresan. Jika sudah, bersihkan sisa pasta gigi dengan menggunakan cutton bud. Berhati-hatilah supaya pasta gigi tidak masuk ke bagian dalam casing saat membersihkannya.

Yang paling aman untuk membersihkan kaca kamera yang berdebu atau terdapat goresannya itu adalah dengan menggunakan kain khusus seperti yang digunakan untuk membersihkan lensa kacamata. Kain yang dibuat dengan bahan khusus untuk membersihkan kaca itu tidak akan membahayakan kaca kameramu. Jadi apabila kaca kameramu berdebu atau mengembun, lebih baik gunakan kain ini untuk membersihkannya.

Sekian tips membersihkan. Baca juga : Aplikasi Kamera Terbaik untuk Android

Comments on this entry are closed.