Cara Membersihkan Keyboard Laptop

by Siti Eka Kurniati on October 2, 2015

Cara membersihkan keyboard laptom memang sedikit lebih rumit dibandingkan dengan keyboard pc yang biasanya terpisah. Keyboard laptop yang menyatu dengan body case menyebabkan sulitnya membersihkan debu yang ada di sela-sela keyboard laptop.

tips membersihkan keyboard laptop

Memang ada pelindung keyboard yang bisa menghalangi debu dan kotoran untuk masuk ke dalam celah-celah keyboard. Tapi sebenarnya, pelindung berbahan karet tersebut tidak baik untuk keyboard laptop dan bahkan akan dengan cepat merusak keyboard laptop. Mengapa bisa begitu? Pelindung keyboard berbahan karet tersebut akan menutup sirkulasi udara dari dalam laptop yang biasannya mengalirkan udara panas. Memang sela-sela keyboard bukan saluran utama bagi udara panas dari dalam laptop, tapi hawa panas sering kali merembet ke bagian keyboard. Nah, jika keyboard laptop tertutup oleh pelindung karet (meski tipis) maka akan menyebabkan bagian tersebut mengembun karena panas dan lembab. Dan kelembaban inilah yang biasanya akan cepat merusak keyboard laptop. Kasus ini benar-benar terjadi pada beberapa laptop teman-teman saya. Dan mereka harus mengganti keyboard laptop mereka dengan harga ratusan ribu. So, jadi lebih baik pertimbangkan kembali saat ingin menggunakan pelindung keyboard berbahan karet. Jadi, jika kamu mau keyboard laptopmu bebas debu, lebih baik kamu membersihkannya secara benar dan rutin.

Berikut ini adalah tips yang bisa kamu praktekkan agar keyboardmu jadi bersih dan tampak seperti baru.

  • Pertama, matikan laptopmu lalu abut semua koneksi port pada laptop entah itu yang menancap pada power, USB atau VGA.
  • Angkatlah laptopmu lalu balikkan hingga keyboard menghadap ke bawah. Goncanglah secara perlahan supaya butiran debu keluar dari celah-celah keyboard.
  • Letakkan kembali laptop ke bidang datar. Kemudian dengan menggunakan kuas kecil bersihkan debu debu dengan cara menyapukannya dari sela-sela keyboard.
  • Jika kamu punya penyemprot udara atau alat pengering rambut (hairdryer), gunakanlah alat itu untuk menghilangkan partikel debu yang paling kecil. Atau kalau kamu memiliki penyedot debu, alat terseut efektif untuk membersihkan keyboard laptop.
  • Untuk membersihkan noda minyak pada permukaan tiap kunci keyboard, kamu bisa menggunakan kain atau kapas yang diolesi alcohol.

Sekarang sudah tau kan bagaimana cara membersihkan keyboard yang tepat serta cara merawatnya. (baca juga : cara membersihkan layar smartphone)

Comments on this entry are closed.