Cara Membuat Bayangan di Coreldraw

by aries on February 12, 2014

Banyak cara untuk membuat sebuah desain tulisan atau teks terlihat keren dan menarik, salah satunya adalah dengan membuat desain tulisan warna-warni. Selain itu, desain ini juga bisa dipadukan dengan efek sebuah bayangan, agar semakin telihat unik.

Lha terus bagaimana cara membuat bayangan objek di coreldraw? Sebelum menjawab pertanyaan ini, saya akan sedikit garis bawahi bahwa objek di sini adalah umum. Artinya untuk membuat sebuah bayangan itu tidak hanya tertentu pada sebuah desain tulisan saja, objek lainpun bisa. Caranya pun sama saja, baik desain tulisan atau pun objek lain.

Tutorial Coreldraw - Cara Membuat Bayangan Objek

Sedangkan cara membuat desain tulisan alltutorial.net seperti pada gambar di atas, kamu bisa baca ulasanya disini

Oke, kembali ke pertanyaan tadi, untuk membuat bayangan di coreldraw, saya akan bagi menjadi tiga bagian sebagai berikut;

1. Membuat bayangan dengan Interactive drop shadow tool

  • saya asumsikan kamu sudah membuat sebuah desain tulisan warna-warni atau cukup sekedar tulisan biasa juga tidak apa-apa. Dengan menggunakan Interactive drop shadow tool drag desain tulisan ke bawah agak ke samping kanan.
  • angka satu: untuk memilih warna bayangan. Angka dua: untuk cancel atau membuang bayangan

2. Membuat bayangan dengan trik drag & drop

  • tanpa menggunakan toll apapun, drag desain tulisan ke arah bawah agak ke samping. Tahan klik kirinya, lalu klik kanan, maka akan ada duplikat objek.
  • kasih warna abu-abu hasil dari duplikat objek tadi, lalu tekan Shift + Pg dn (page down) maka warna abu-abu itu akan berada di bawah objek desain tulisan yang asli.

3. Membuat bayangan dengan drag and drop + transparency tool

  • pertama, tanpa menggunakan tool apapun, drag desain tulisan ke bawah sambil tekan Ctrl dan tahan klik kirinya, baru kemudian klik kanan. Maka, akan ada sebuah duplikat objek.
  • kasih warna duplikat objek tersebut dengan warna abu-abu
  • dengan transparency tool, arahkan tool tersebut ke arah tulisan yang berwarna abu-abu untuk memberikan efek transparan. Untuk jenis bayangan yang ketiga ini, hasilnya seperti sebuah bayangan di air dari sebuah objek yang ada di atasnya.

Itulah beberapa cara membuat bayangan pada objek, baik desain tulisan ataupun objek yang lain. Dengan adanya sebuah bayangan, desain tulisan tersebut terlihat lebih menarik dan terkesan timbul.

Supaya lebih mudah dalam memahami hal ini, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama..

Comments on this entry are closed.