Cara Membuat Blog di WordPress Gratis

by aries on October 15, 2013

Jika kamu memang belum merasa perlu membeli domain dan hosting karena berbagai faktor, kamu tetap bisa membuat sebuah blog gratis. Terus bagaimana cara membuat blog gratis, di sini saya akan berikan dua opsi, yang pertama dengan wordpress dan yang kedua dengan blogspot. Kita mulai opsi yang pertama, berikut langkah-langkahnya;

  1. Buka wordpress.com
  2. Klik Get started.
  3. Pada kotak dialog selanjutnya, kamu harus memasukkan email, username, password dan alamat blog kamu.
  4. Untuk password, usahakan kombinasi atau campuran angka dan huruf.
  5. Setelah semua form terisi lengkap, klik Create blog.
  6. Buka email lalu klik Activate blog untuk aktifasi blog yang baru saja kamu buat.
  7. Pada kotak dialog selanjutnya, kamu bisa memasukkan tagline (ini tidak harus). Tagline adalah kata kunci yang menunjukkan isi dari blog kamu, kalau misalnya blog kamu tentang tutorial, kamu bisa memasukkan tagline tutorial coreldraw, tutorial photoshop dan lain sebagainya sesuai dengan isi dari blog kamu. Jangan memasukan tagline yang tidak sesuai dengan isi blog ya. Karena ini penipuan dan tentunya akan berakibat kurang baik dimata mesin pencarian, terutama di mata mbah google.
  8. Selanjutnya klik Next, dan pilih tema blog yang kamu inginkan. Di sana banyak sekali tema, dari yang gratis sampai yang berbayar.
  9. Setelah memilih tema, klik Next step.
  10. Pada kotak dialog selanjutnya, kamu bisa menambahkan akun twitter dan facebook untuk sharing artikel kamu yang sudah dipublikasikan via blog tersebut.
  11. Tinggal satu langkah lagi, klik Next step lalu klik Finis, maka blog gratis sudah kamu punyai.
  12. Untuk melihat hasilnya, kamu bisa ketikkan alamat blog di browser kamu lalu tekan enter.

Supaya lebih mudah dalam memahami cara membuat blog gratis di wordpress, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama. Oiya, untuk cara membuat blog gratis dengan blogspot, baca pada artikel Cara Membuat Blog di Blogspot (Gratis)..

Comments on this entry are closed.