Cara Membuat Bootable USB Windows 10 dengan Rufus

by aries on December 20, 2015

Setelah kita membahas tentang cara download Windows 10 dari Microsoft, tidak lengkap jika tidak dilanjutkan dengan pembahasan tentang cara membuat bootable USB Windows 10. Dengan bootable USB kita bisa melakukan instalasi Windows 10 dengan USB Flashdisk untuk komputer , laptop, notebook, atau netbook yang tidak terintegrasi dengan CD/DVD Rom.

Sebenarnya banyak sekali cara untuk membuat bootable USB Windows 10. Di sini alltutorial.net akan share tentang cara yang paling mudah. Tanpa ribet, tinggal klik, klik, dan klik bootable USB Windows 10 bisa langsung jadi. Penasaran pastinya kan..? Berikut cara membuat bootable USB Windows 10 paling mudah;

  1. Hal pertama tentu yang harus disiapkan adalah file iso dari Windows 10 itu sendiri. Anda bisa download langsung dari situs Microsoft.
  2. Siapkan minimal Flashdisk 8GB jika file ISO dari Windows 10 tersebut mencakup dua system. (64 bit dan 32 bit)
  3. Atau Flashdisk 4GB jika file ISO Windows 10 hanya salah satu dari 64 atau 32 bit.
  4. Download software rufus untuk membuat bootable Windows 10 dari situs resminya di https://rufus.akeo.ie/
  5. Buka rufus, lalu tancapkan USB Flashdisk ke PC.
  6. Pastikan file atau data penting yang tersimpan di Flashdisk sudah kamu backup sebelumnya. Karena proses pembuatan USB bootable Windows 10 ini memerlukan langkah format flashdisk. Jadi secara otomatis data yang ada di flashdisk akan terhapus.
  7. Setelah itu, klik gambar CD yang ada disebelah tulisan FreeDOS dan pilih file ISO Windows 10 yang sudah didownload sebelumnya.
  8. Setelah itu, klik Start dan tunggu proses pembuatan bootable USB Windows 10 selesai.

Meski tutorial ini terlihat sederhana dan cukup mudah, tidak ada salahnya saya sertakan panduan berupa tutorial videonya.

Catatan:

  1. Tutorial diatas sudah saya tested dan berhasil 100%, untuk lebih jelasnya kamu bisa lihat video diatas sebagai bukti.
  2. Setelah berhasil membuat USB Bootable Windows 10, untuk melakukan instalasi kita harus setting laptop atau komputer ke boot USB. Mengenai hal ini, silahkan baca pada artikel Cara Mengatur Booting BIOS dari USB Flashdisk.

Comments on this entry are closed.