Cara Membuat Cover Ebook dengan Coreldraw

by aries on July 9, 2014

Setelah kita mengulas tuntas masalah definisi ebook sekaligus tutorial cara membuat ebook dengan coreldraw, tidak akan sempurna jika ebook tersebut tidak diberi sebuah cover. Dengan adanya cover, apalagi desainnya bagus dan menarik tentunya menjadi daya jual tersendiri untuk ebook yang sudah kamu buat. Seperti yang kita tahu, sebuah kemasan yang menarik akan memikat mereka yang melihat, paling tidak mereka akan menyempatkan untuk mengamatinya.

Cara Membuat Cover Ebook dengan Coreldraw

Untuk membuat cover ebook dengan efek 3D seperti contoh di atas, kamu bisa menggunakan coreldraw 11 sampai X6 sesuai selera. Saya sendiri menggunakan coreldraw 11, berikut langkah-langkahnya;

  1. dengan rectangle tool, buatlah sebuah kotak persegi panjang dengan ukuran 100×140 mm. Ukuran ini tidak harus, semua tentu menyesuaikan kebutuhan.
  2. buat kotak persegi panjang dengan ukuran kira-kira 25×140 mm dan taruh kotak ini di sebelah kiri dari kotak yang pertama. Setelah itu kasih warna hitam.
  3. dengan text tool, ketik tulisan ‘desain grafis gratis, Ebook + Video tutorial’ taruh tulisan ini di bagian atas. Saya menggunakan font Arial Black. Dan bikin tulisan ‘hanya bisa didapat di blog alltutorial.net’ untuk ditaruh di bagian bawah. Kedua tulisan tersebut diberi warna hijau agak muda atau sesuai selera kamu.
  4. seleksi kotak dan kedua tulisan tersebut kemudian di group (tekan Ctrl + G).
  5. pilih menu EffectAdd Perspective. Sudut kanan bagian bawah di tarik sedikit ke atas, untuk sudut atas ditarik ke bawah.
  6. import gambar sampul Coreldraw X3 ke area lembar kerja corel (Ctrl + I, pilih gambarnya, lalu klik Import) dan taruh di bagian tengah kotak. Kamu bisa cari gambar tersebut di google.
  7. untuk kotak yang kedua lakukan cara yang sama seperti No. 8. hanya saja ini yang ditarik adalah sudut bagian kirinya.
  8. buat tulisan ‘belajar CorelDRAW X3 ada panduan videonya’ dan ubah tulisan ini menjadi vertikal. Caranya; klik dua kali, setelah muncul lingkaran di bagian tengah, putar tulisan tersebut. Setelah itu, taruh dibagian kotak yang kedua (kotak berwarna hitam ya)

Supaya lebih mudah dalam memahami tentang cara membuat cover ebook dengan coreldraw, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama.

Comments on this entry are closed.