Cara membuat desain tasmiyah anak untuk tasyakuran

by aries on October 26, 2014

Saya sedikit bingung dengan pemilihan judul yang tepat. Yang jelas, kemarin tetangga saya minta didesainkan ucapan tasmiyah anak pertamanya yang baru lahir untuk ditaruh di kotak nasi pada acara tasyakur pemberian namanya (tasmiyah). Meski kedengarannya sederhana, namun pemberian ucapan tersebut akan memberi kesan mendalam pada sang orang tua, karena itu merupakan sarana untuk mengenalkan anaknya yang baru lahir kepada khalayak ramai. Tentu kita ingin membuatnya menjadi berkesan dan menarik perhatian orang lain untuk membacanya bukan?

Cara membuat desain tasmiyah anak untuk tasaykuran

Sebenarnya untuk membuat kartu ucapan tasmiyah, tidaklah harus ribet dan rumit. Yang penting, ada penjelasan mengenai nama lengkap anak, tanggal lahir, dan tentunya doa untuk anak tersebut. Desainnya pun cukup yang simple, namun ceria sesuai dengan tema tasyakur tasmiyahnya. Misalnya seperti tema bunga-bunga dengan warna pink untuk anak perempuan, dan tema maskulin yang simpel dengan warna biru untuk anak laki-laki. Berhubung yang saya buatkan ucapan tasmiyahannya ini adalah anak laki-laki, tentu saya buatkan tema yang sesuai;

  1. buka corel draw 11 – X7 sesuai selera, saya sendiri menggunakan coreldraw X3.
  2. ubah ukuran Inches menjadi CM.
  3. buat kotak dengan ukuran 16×16 cm atau sesuai dengan kebutuhan.
  4. duplikat objek dengan cara klik lalu garis bagian atas didrag ke bawah > tahan klik kirinya > lalu klik kanan
  5. lengkungkan garis bagian atas dari hasil duplikat objek tadi. Caranya; pilih shape tool (tekan F10) – klik kanan pada objek duplikat – pilih convert to curves.
  6. klik bagian tengah, lalu pilih convert line to curves, setelah itu edit sehingga membentuk garis lengkung.
  7. kasih warna blue pada duplikat objek yang baru saja diedit garis bagian atasnya.
  8. ketikkan tulisan. Untuk bahasa arabnya, pastikan windows kamu sudah terinstal bahasa arab. Kalau belum, silahkan baca cara menambahkan bahasa arab di Windows 7 atau cara menambahkan bahasa arab di Windows XP.
  9. buat sebuah background dengan warna abu-abu. Hal ini sesuai dengan insting kamu. Saya sendiri membuat background ini dengan cara membuat lingkaran bulat yang saya duplikat menjadi 3. Kemudian menggunakan teknik Weld sehingga membentuk seperti sebuah segitiga.

Supaya lebih mudah dalam memahami cara membuat desain tasmiyah kotak nasi sekaligus melengkapi keterangan No. 13 sampai selesai, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama.

Comments on this entry are closed.