Cara Membuat Desain X Banner dengan Coreldraw

by aries on June 9, 2014

Setelah kita mengetahui jenis dan ukuran banner indoor, saatnya kita membuat desain X banner yang merupakan bagian dari banner indoor tersebut. Untuk membuatnya, tentu ini berbeda-beda sesuai dengan tema yang akan dipromosikan. Namun secara garis besar, sebuah banner biasanya memiliki 3 unsur yang ada di dalamnya;

  1. logo
  2. produk, barang atau jasa
  3. teks untuk menyampaikan apa yang dipromosikan

Cara Membuat Desain X Banner dengan Coreldraw

sebagai contoh, saya akan membuat desain X banner untuk blog saya seperti terlihat pada gambar di atas. Artinya saya akan mempromosikan bahwa alltutorial.net merupakan blog tutorial photoshop, corel draw dan lain-lain yang selalu menyertakan panduan berupa video. Dalam pembuatan X banner ini membutuhkan tiga proses;

  1. membuat desain logo alltutorial.net
  2. membuat desain teks alltutorial.net
  3. membuat desain selain keduanya

Karena langkah yang pertama dan kedua sudah saya ulas secara khusus, maka langsung saja kita menuju langkah ketiga, berikut caranya;

  1. buka coreldraw 11-X6, saya sendiri masih tetap setia dengan coreldraw 11. 🙂
  2. ganti ukuran inch menjadi CM, kemudian membuat kotak persegi panjang ukuran 60×160 cm dengan menggunakan rectangle tool.
  3. untuk memudahkan dalam proses desain, ukuran tersebut kita kecilkan secara proporsional (6×16 cm). Baru nanti kalau sudah jadi dan mau naik cetak dibesarkan lagi 60×160 cm.
  4. kasih warna perpaduan antara putih dan abu-abu (black 20 persen, misalnya)
  5. membuat kotak persegi panjang kecil, sekira bisa masuk pada kotak persegi panjang yang pertama. Kemudian edit dengan metode trim dkk sehingga bentuknya menjadi seperti yang terlihat pada gambar paling atas (warna hijau muda).
  6. gandakan objek tersebut dengan cara di drag ke dalam pada bagian bawah sebelah kanan – tahan klik kiri – baru klik kanan.
  7. hasil duplikat objek dikasih warna yang lebih tua
  8. setelah jadi, silkan gandakan lagi kedua objek ini sehingga totalnya menjadi empat objek (2×4). Tentunya ini semua harus dikasih warna seperti contoh di atas atau sesuai selera kamu.
  9. ketik sebuah teks sesuai dengan kebutuhan, lalu taruh masing-masing teks ke dalam objek warna-warni tersebut.
  10. setelah jadi, jangan lupa tekan CTRL + A kemudian CTRL + Q. Tujuannya adalah mengkonvet objek tulisan menjadi sebuah curve (bukan lagi objek font yang bisa digonta-ganti jenis fontnya). Karena, tidak semua font yang kita pakai itu ada pada tempat pencetakkan banner. Sehingga bentuk font tidak akan berubah atau sesuai dengan pilihan kita.
  11. setelah semua selesai dan mau di bawa ke tempat pencetak banner, silakan ubah ukurannya menjadi 60×160 cm.

Supaya lebih mudah dalam memahami tentang cara membuat desain X banner dengan corel draw, sebaiknya lihat video tutorialnya di atas dengan seksama.

Comments on this entry are closed.