Cara Membuat Ebook dengan Coreldraw

by aries on July 8, 2014

Teknologi yang semakin maju seperti sekarang ini semuanya serba digital. Salah satu contohnya adalah buku digital atau yang lebih dikenal dengan istilah ebook. Dengan adanya ebook akan lebih memudahkan seseorang dalam membaca buku tersebut dimanapun dan kapanpun tanpa harus repot membawa buku konvensional.

Cara membuat ebook dengan Coreldraw X3

Lalu bagaimana cara membuat ebook? Banyak sekali caranya, salah satunya adalah menggunakan corel draw. Namun sebaiknya ketahui dulu apa itu E-book?, baru kemudian ikuti langkah-langkah cara membuatnya dengan Coreldraw X3 berikut ini;

Menulis konsep buku di Corel

  1. tentukan ukuran medianya, misalnya menggunakan jenis A4 atau F4
  2. Gunakan text tool untuk membuat sebuah kotak. Kotak ini merupakan tempat atau area untuk digunakan mengetik.
  3. kamu juga bisa memberikan sentuhan desain pada buku tersebut, ini tentunya sesuai dengan gaya masing-masing dalam membuatnya.
  4. salah satu kelebihan membuat ebook dengan corel draw adalah bisa menyematkan sebuah gambar sekaligus memberikan teks pada gambar tersebut dengan mudah.
  5. tambahkan jumlah page sesuai jumlah halaman buku yang dibutuhkan. Caranya klik tombol + yang terdapat di bagian bawah.

Menyimpan ebook dengan format PDF

  1. setelah konsep desain buku jadi, saatnya menyimpan buku tersebut dengan format PDF.
  2. klik Menu FilePublish to PDF.
  3. Pada kotak dialog yang ditampilkan, kasih nama ebook tesebut, misalnya Tutorial Coreldraw, lalu klik Setting
  4. pada tabulasi General pastikan kamu checklist Page.
  5. pada tabulasi Objek, kamu bisa mengatur kulitas gambar (jika memang ebook tersebut menyertakan gambar) sesuai kebutuhan.
  6. kamu bisa menambahkan link pada ebook tersebut. Caranya; pada tabulasi Document, checklist hyperlink. Pastikan dalam ebook tersebut sudah ada sebuah teks yang mengarah ke sebuah blog atau website, misalnya www.alltutorial.net. Dengan adanya hyperlink, maka secara otomatis ketika link-nya diklik akan membuka blog atau website yang kita inginkan.
  7. kalau ebook tersebut ingin kamu password, cukup klik tabulasi Security dan buat password di sana.
  8. agar file ebook tidak terlalu besar, checklist Optimize for Web pada tabulasi Advanced.
  9. setelah semua seting diatur sesuai kebutuhan, klik Ok kemudian pilih Save.
  10. dengan demikin ebook yang dibuat dengan coreldraw telah selesai. Dan perlu dicatat, membuat ebook seperti ini sama halnya dengan bahasa ‘membuat file PDF dengan coreldraw’.
  11. sebagai contoh hasil dari tutorial ini, kamu bisa download Ebook Tutorial Coreldraw X3.

Supaya lebih mudah dalam memahami tentang cara membuat ebook dengan coreldraw, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama.

Comments on this entry are closed.