Cara Membuat Ebook dengan Microsoft Office Word

by aries on July 11, 2014

Sebenarnya dengan membuat konsep buku di MS Word sudah tergolong dikatakan sebuah ebook. Hal ini pernah saya jelaskan pada definisi ebook itu sendiri. Namun, mengingat ebook banyak sekali menggunakan format PDF, makanya saya buat tutuorial ini.

Banyak cara untuk membuat sebuah ebook, salah satunya yang sudah saya bahas adalah tutorial bikin ebook dengan coreldraw. Namun, buat kamu yang kurang familiar dengan software grafis ini, kamu bisa menggunakan Microsoft Office Word, berikut langkah-langkahnya;

1. Dengan MS Word 2010

  • langkah pertama tentunya kamu harus mengetik seperti layaknya membuat sebuah konsep buku di MS Word.
  • pastikan penggunaan kata dalam sebuah ebook jelas, tidak bertele-tele, ada daftar isi dan lain sebagainya. Sematkan gambar jika diperlukan
  • setelah konsep buku jadi, klik menu FileSave As. Pada kotak dialog yang ditampilkan kasih nama ebook, pastikan pada form Save as Type dipilih PDF, lalu klik Save.
  • pada keterangan gambar di atas ada Optimize for: Minimum Size & Standard. Pilih yang pertama jika kamu ingin mempublikasikan ebook PDF via web saja. Pilih yang kedua jika ingin ebook tersebut nantinya tidak sekedar dipublikasikan via web, namun ada rencana untuk dicetak atau di print.

2. Dengan MS Word 2007

Caranya hampir sama dengan menggunakan MS Word 2010, hanya saja kita membutuhkan sebuah plugin tambahan, yakni download dulu SaveAsPDFandXPS dari http://bit.ly/1Ud5dTC. Setelah itu diinstall, maka fungis Save As type PDF akan aktif.

3. Dengan MS Word 2003

Untuk versi ini, caranya agak sedikit beda dengan yang telah saya sebutkan di atas. Kamu harus download semacam converter word to PDF. Dalam hal ini saya menggunakan software Go2PDF. Cara kerjanya adalah sebagai berikut;

  • download dari situs http://www.go2pdf.com/product.html dan install software tersebut.
  • setelah konsep buku jadi, tekan Ctrl + P, Maka akan muncul kotak dialog perintah untuk mencetak dengan printer. Dan pastikan printer yang dipilih adalah virtual PDF printer.
  • klik Ok dan plih save pada kotak dialog yang ditampilkan.

Kesimpulan

Untuk membuat ebook dengan MS Word versi 2010 ke atas tidak memerlukan sebuah plugin atau software tambahan, beda dengan versi 2007 atau versi 2003. Khusus untuk cara yang ketiga, kamu bisa menerapaknnya pada MS Word versi berapapun (tidak harus dengan versi 2003 saja)

Supaya lebih mudah dalam memahami tentang cara membuat ebook dengan MS Word, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama.

Comments on this entry are closed.