Cara membuat efek lukisan di kanvas dengan photoshop

by aries on July 23, 2014

Untuk membuat efek lukisan di kanvas dengan photoshop seperti pada contoh gambar di bawah ini, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuang background foto dulu. Mengenai hal ini, kamu bisa baca tutorialnya pada artikel cara mengganti background foto dengan photoshop.

Cara membuat efek lukisan di kanvas dengan photoshop

Sedangkan background penggantinya adalah image kanvas yang bisa kamu cari di mbah google.

  1. objek yang dibutuhkan adalah foto dan background kanvas
  2. Setelah semua ready, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.
  3. Set foreground dengan warna cokelat tua atau dengan kode warna #4a2604. sedangkan untuk background-nya dengan warna yang lebih muda atau dengan kode warna #bf9f6c.
  4. Duplikat ‘Layer 1’ dengan cara tekan Ctrl+J, maka akan ada layer baru dengan nama ‘Layer 1 copy’
  5. Klik ‘Layer 1 copy’ pilih menu FilterSketchGraphic pen. Pada dialog yang ditampilakn, isi Stroke Length dengan angka 13, sedangkan untuk Ligh/Drak adalah 100, kemudian klik Ok. Dengan cara ini, foto akan terkesan seperti guratan-guratan sebuah lukisan.
  6. cerahkan sedikit efek lukisannya. Caranya; tekan Ctrl+M, lalu atur kecerahannya seperti keterangan gambar di bawah ini;
  7. Ubah blending option ‘Layer 1 copy’ dari Normal menjadi Overlay dan Opacity-nya dijadikan 70%.
  8. Klik ‘Layer 1 copy’ tahan Shift – klik ‘Layer 1’ setelah itu tekan Ctrl+E, maka kedua layer tersebut akan menjadi satu layer saja dengan nama ‘Layer 1 copy’.
  9. Kurangi Opacity ‘Layer 1 copy’ menjadi 77% atau sesuai kebutuhan. Hal ini dilakukan agar efek lukisan terlihat menyatu pada kanvas.
  10. dengan demikian, efek lukisan kanvas telah selesai dibuat, selamat mencoba dan jangan malu untuk bertanya. :). Dan untuk merubah file PSD-nya ke format gambar, kamu bisa baca tutorialnya pada artikel cara merubah file PSD menjadi JPG.

Untuk mempermudah tentang cara membuat efek lukisan di kanvas dengan photoshop, berikut saya sertakan panduan berupa tutorial videonya.

Sedangkan untuk efek sketsa yang lainnya, kamu bisa membaca tutorialnya pada artikel cara membuat efek sketsa pensil dan crayon dengan photoshop.

Comments on this entry are closed.