Cara membuat efek sketsa dengan Photoshop CS3

by aries on July 21, 2014

Photo sketch atau sketsa foto merupakan salah satu bentuk pilihan lain dari digital imaging yang cukup menarik. Hanya dengan memanfaatkan beberapa fasilitas sederhana pada photoshop, efek sketsa pada foto bisa kamu buat dengan mudah dan cepat, hingga foto tersebut menjadi unik dan bernilai artistik yang tinggi. Dalam membuat efek sketsa di photoshop, saya akan bagi menjadi 3 bagian. Yang pertama sketsa pensil dan yang kedua sketsa crayon. Untuk yang ketiga, saya bahas secara khusus pada artikel cara membuat efek lukisan di kanvas.

Cara membuat efek sketsa dengan Photoshop CS3

Membuat sketsa pensil

  1. buka photoshop cs3, kamu bisa gunakan versi di atas atau di bawahnya, seperti cs2, cs4 dan seterusnya.
  2. Siapkan foto yang mempunyai kualitas dan resolusi bagus. Jika resolusinya rendah, kamu bisa mengubah resolusi foto dengan coreldraw.
  3. usahakan foto yang akan diberi efek sketsa memiliki background putih atau cerah agar efek sketsa itu sendiri terlihat sempurna. Jika tidak ada, sebaiknya ganti dulu background foto tersebut. Caranya; silakan baca tutorialnya pada artikel cara merubah background foto pakai photoshop.
  4. jika foto sudah ready, silakan buka foto tersebut, caranya: pilih menu FileOpen (Ctrl+O) – saat muncul kotak dialog Open, pilih foto lalu klik Open hingga foto tampil di area lembar kerja photoshop. Cara lain: drag foto ke lembar kerja photoshop.
  5. gandakan layer ‘Background’ dengan memanfaatkan fasilitas Duplicate Layer. Caranya: Pastikan layer ‘Background’ aktif – tekan CTRL+ALT+J pada keyboard. Maka akan muncul layer baru dengan nama ‘Layer 1’.
  6. ubah foto ‘Layer 1’ menjadi hitam putih dengan fasilitas Desaturate. Caranya; klik menu ImageAdjustmentDesaturate atau tekan Shift+Ctrl+U pada keyboard hingga foto berubah menjadi hitam putih.
  7. gandakan ‘Layer 1’. Caranya; pastikan ‘Layer 1’ tersebut aktif – tekan Ctrl+J sehingga muncul layer baru dengan nama ‘Layer 1 copy’.
  8. Pilih menu ImageAdjustmentInvert atau tekan Ctrl+I hingga foto ‘Layer 1 copy’ berubah menjadi seperti sebuah film atau klise negatif.
  9. ubah Blending Mode pada ‘Layer 1 copy’ menjadi Color Dodge hingga foto menjadi warna putih saja.
  10. Pilih menu FilterOtherMinimum. Setelah muncul kotak dialog minimum, lakukan pengaturan parameter dengan mengisi Radius: 4 atau geser slider sesuai kebutuhan – kemudian klik Ok
  11. setelah itu, foto akan tampak seperti guratan-guratan sketsa dengan menggunakan pensil.

Membuat sketsa crayon

Untuk membuat efek sketsa dengan crayon tidaklah sulit. Cukup meneruskan pekerjaan di atas.

  1. gandakan layer asli ‘Background’ dengan cara yang sama seperti di atas hingga muncul layer baru dengan nama ‘Background copy’ letakkan di posisi paling atas pada palette layer, maka foto akan menjadi seperti asli lagi.
  2. langkah terakhir, ubah Blending Mode dari layer ‘Background copy’ menjadi Color. Sketsa foto dengan crayon telah selesai. Selamat mencoba..!

Supaya lebih mudah dalam memahami tentang cara membuat efek sketsa pensil dan crayon di photoshop cs3, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama.

Comments on this entry are closed.