Cara membuat efek vintage pada foto dengan Adobe Photoshop

by aries on June 25, 2015

Dalam software edit foto kebanyakan. Ada efek vintage untuk merubah foto menjadi seperti old picture. Tapi dalam beberapa software editing, baik di computer maupun di ponsel, efek tersebut disajikan secara otomatis. Hanya dengan sekali mengklik sebuah tool, maka efek akan otomatis diterapkan pada gambar. Tapi seringkali kita mendapati efek tersebut kurang memuaskan, semisal terlalu kuat hingga merubah warna asli foto, dan hal tersebut membuat foto bukan lebih indah namun tampak tidak bagus.

Cara membuat efek vintage pada foto dengan Adobe Photoshop

Dalam perangkat lunak Adobe Photoshop, efek vintage dapat dibuat sesuai keinginan pengguna serta dapat mengatur sesuai keluwesan efek pada gambar. Berikut adalah cara membuat efek vintage pada foto menggunakan adobe photoshop.

  1. Siapkan gambar yang akan kita beri efek vintage
  2. Masuk ke tab Hue / Saturation dengan cara mengklik tombol adjustments di bawah panel layer lalu pilih Hue / Saturation atau bisa dengan menampulkan tab Hue / saturation : klik menu window – pilih adjustments. Dan secara otomatis aka nada layer baru bernama Hue/Saturation 1 diatas layer gambar. Atur nilai hue, saturasi serta kecerahannya atau kalau kita tidak mau repot-repot mengatur nilainya, kita bisa memilih sepia di kolom preset dan otomatis nilai di bawahnya akan berubah ke warna poto lama. Berikut adalah nilai yang digunakan pada gambar.
  3. Agar warna aslinya masih tetap nampak, kurangi opacity pada layer Hue Saturation menjadi 50%
  4. Tumpuk foto dengan gambar dinding kotor
  5. Seleksi gambar dinding dengan elliptical marquee tool membentuk oval besar pada lembar kerja. Klik kanan pilih feather, atur nilainya menjadi 30, tekan OK
  6. Klik del dan hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini. Kurangi opacity gambar dinding agar tidak terlalu mencolok.
  7. Buat layer baru di atas layer gambar / layer backround. Gunakan tool gradient, tapi sebelumnya atur lebih dulu warna gradient menjadi warna merah kecoklatan ke transparent. Aplikasikan tool gradient ke setiap sisi pada layer baru di atas layer gambar yang telah kita buat tadi.
  8. Atur warna seperti gambar di bawah ini
  9. Tambahkan teks untuk mempercantik gambar
  10. Hasilnya bisa kamu lihat seperti pada gambar paling atas

Supaya lebih mudah dalam memahami tentang cara membuat efek vintage pada foto menggunakan adobe photoshop, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama.

Comments on this entry are closed.