Cara Membuat File Image dari CD/DVD Windows dengan Ashampoo

by aries on October 27, 2013

Keuntungan membuat file image adalah OS Windows atau file-file lain yang sudah diubah menjadi file image akan kebal terhadap virus, artinya file tersebut tidak akan mungkin terinfeksi oleh virus. Keuntungan lainnya, dengan membuat file image untuk sebuah OS, secara otomatis file system untuk booting tersebut ikut tercopy.

Cara membuat file image

Sedangkan untuk membuat file image selain dengan power iso, kamu bisa menggunakan ashampoo burning studio, berikut ini langkah-langkahnya;

  1. Download ashampoo dari https://www.ashampoo.com/en/usd/fdl
  2. Kamu bisa memilih ashampoo burning studio free atau ashampoo burning studio 12 free trial.
  3. Jika memilih opsi yang kedua, kamu harus melakukan registrasi untuk mendapatkan lisensi 30 hari free full version, caranya;
  • Setelah selesai install ashampoo, secara otomatis akan terbuka sebuah tab baru di browser, jadi pastikan koneksi internet tetap aktif saat instalasi software tersebut.
  • Pada kotak dialog yang ditampilkan, masukkan email dan klik Request full version key.
  • Ketik password untuk login, jika belum punya akun di ashampoo, secara otomatis informasi aktivasi akun akan dikirim ke email yang kamu masukkan tadi. Jadi buka akun email tersebut dan lakukan petunjuk yang ada.
  • Setelah itu, full version key akan terlihat dan copy lalu paste di form yang telah disediakan, kemudain klik Active now.
  • Yang terakhir klik continue untuk mulai membuat file image dari OS Windows dan pastikan CD/DVD OS Windows tersebut sudah dimasukkan ke dalam CD/DVD room.
  1. Jika kamu mengunakan opsi yang pertama, yakni ashampoo free, kamu tidak usah repot-repot meminta license key sebagaimana dijelaskan di atas. Langsung menuju pada tahap pembuatan file imagenya.
  2. Buka ashampoo burning studio 12, dan pada menu yang terdapat di sebelah kiri, pilih Disc ImageCreate Image, kemudai klik Next. lihat pada gambar yang paling atas.
  3. Pada kotak dialog selanjutnya tepatnya di Disc Image Path, klik Browser untuk menentukan tempat penyimpanan file image tersebut.
  4. Sedangkan Disc Image Format, berfungsi untuk menentukan jenis format file image, sebaiknya pake ISO, lalu klik Next dan tunggu proses pembuatan file image dengan ekstensi .iso selesai.

Bagaimana pendapat kamu, lebih mudah dengan cara ini atau cara membuat file image dengan poweiso. Silakan unjuk gigi pada kolom komentar yang telah disediakan. 🙂.

riki yakub December 3, 2014 at 4:39 pm

sangat membantu sekali,,terimakasi gan

Comments on this entry are closed.