Cara membuat foto dari video

by aries on September 23, 2014

Apakah Anda ingin memiliki kolesksi foto dari video artis favorit atau video yang berisi momen-momen penting yang Anda miliki? Jika iya, ada banyak sekali cara untuk melakukannya. Kebetulan setelah membaca kumpulan tutorial videopad, ada pertanyaan yang datang dari Mas Arjun tempo hari yang isinya demikian:

Gimana caranya memotong video untuk dijadikan sebuah foto menggunakan videopad ini..?

Berikut ini salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat foto dari sebuah video:

Langkah pertama cara membuat foto dari video

  1. Buka Videopad video editor. Sebaiknya Anda gunakan yang versi 2.41 supaya lebih mudah dalam mengikuti langkah-langkah selanjutnya.
  2. Lalu klik Add Media yang terletak dibagian atas sebelah kiri>pilih video yang akan diambil fotonya>klik Open. (Lihat gambar di atas)
  3. Klik pada video yang sudah Anda tambahkan, dan lihat pada ‘out point’-nya. Kurangi ‘out point’, jika Anda ingin memotong durasi bagian akhir.
  4. Isikan jumlah durasi pada kolom ‘in point’ jika kamu ingin memotong bagian yang pertama. Untuk mengetahui cara memotong video secara lengkap, silahkan baca artikel ‘Cara Memotong Video dengan Videopad’.
  5. Setelah selesai memotong, klik anak panah berwarna hijau.
  6. klik ‘Save Movie’, lalu pilih menu Image Sequence, dan lakukan pengaturan sesuai dengan yang Anda inginkan, atau Anda bisa mengikuti pengaturan yang tertera pada gambar berikut:
  7. klik ‘OK’ dan tunggu prosesnya hingga selesai.

Kelebihan dari cara ini, kita bisa memilih gambar terbaik mana yang akan kita jadikan foto, karena semua adegan akan terekam dalam bentuk foto secara detil setiap detiknya. Kelemahannya, kita akan direpotkan dengan proses memilah-milah foto yang begitu banyak.

Selain dengan menggunakan Videopad, Anda juga bisa membuat foto dari video dengan KM Player. Berikut adalah langkah-langkah nya:

  1. Putar video yang ingin Anda ambil fotonya, lalu klik ‘Pause’ atau tekan tombol spasi pada adegan video dimana Anda ingin menjadikannya sebagai foto.
  2. Setelah itu, tekan ‘Ctrl+E’, lalu klik ‘Save’.

Jika menggunakan cara ini, akan lebih cepat dan praktis dalam memilih adegan yang ingin diambil fotonya, karena kita tidak harus mengcopy seluruh adegan/frame perdetiknya seperti pada Videopad. Kelemahannya, terkadang tampilan gambar foto dari adegan yang kita pause sedikit kabur, karena sulit untuk mencari momen dengan kualitas gambar yang bagus dalam waktu yang tepat. Untuk mempermudah tutorial ini, berikut saya sertakan panduan berupa video.

Itu tadi adalah beberapa cara membuat foto dari video dengan menggunakan Videopad atau KM Player yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba!

Comments on this entry are closed.