Cara Membuat Foto Kolase Dengan Corel Draw

by aries on March 28, 2014

Selain membuat foto kolase dengan photoshop, kebanyakan mereka menggunakan software khusus seperti CollageIt Pro, Picture Collact, dan lain sebagainya. Namun, saya akan mencoba mengulas tentang cara pembuatannya dengan menggunakan corledraw.

Cara Membuat Foto Kolase Dengan Corel Draw

Sebelum kamu menyimak tutorial tentang cara membuat foto kolase dengan coreldraw, sebaiknya ketahui dulu apa itu kolase & asal usulnya. Setelah itu baru kamu ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut;

  1. buka coreldraw, bisa menggunakan versi 11 – X6
  2. drag foto ke area lembar kerja coreldraw atau klik File – pilih Import (Ctrl + I) – pilih foto – klik Import
  3. setelah itu buatlah kotak persegi panjang dengan menggunakan Rectangle tool. Gandakan kotak ini dengan cara tarik – sambil tekan shift – tahan shift dan klik kirinya – baru klik kanan.
  4. klik kotak yang pertama – tekan dan tahan shift – klik kotak yang kedua – lalu klik trim, maka akan menjadi sebuah frame – kasih warna putih frame tersebut.
  5. buatlah sebuah bayangan untuk frame tersebut, mengenai hal ini kamu bisa baca pada artikel cara membuat sebuah bayangan di coreldraw.
  6. gandakan frame tersebut. Caranya; drag ke samping – tahan klik kirinya – baru klik kanan, selanjutnya tekan Ctrl + R untuk menduplikat lagi.
  7. setelah beberapa frame terkumpul, atur sedemikian rupa sehingga terlihat menarik. seperti pengaturan frame yang terlihat di bawah ini.
  8. untuk memutar frame sehingga terlihat miring seperti di atas, klik frame dua kali – saat di pojok ada garis lengkung dengan sebuah anak panah, putar pada area garis lengkung tersebut.
  9. jika ada frame yang keluar dari area foto, potong saja frame tersebut. Caranya; buat kotak persegi panjang dulu – tahan shift – klik foto – tekan huruf L jika yang akan di potong adalah frame yang keluar dari sisi kiri (huruf R untuk kanan, B untuk bawah, T untuk atas) – pada bagian garis kanan tarik ke kiri. Setelah itu, klik kotak persegi panjang – klik frame – klik trim.
  10. potong foto dengan menggunakan shape tool sehingga membentuk garis dari kumpulan frame tersebut. Lebih detailnya tentang cara pemotongan foto bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini;
  11. setelah jadi, kamu tambahkan background agar foto kolase semakin terlihat menarik.

Supaya lebih mudah dalam memahami tentang cara membuat foto kolase dengan coreldraw ini, sebaiknya lihat video tutorialnya di atas dengan seksama..

Comments on this entry are closed.