Cara Membuat Foto Kolase Dengan ShapeCollage

by aries on May 2, 2014

Shape Collage, dilihat dari namanya jelas ini merupakan software untuk membuat foto kolase. Software ini memiliki dua versi, yakni versi gratisan alias free version, namun fiturnya tentu terbatas tidak seperti Shape Collage Pro Version. Menurut saya, yang versi gratisan juga sudah cukup untuk membuat foto kolase. Karena fitur dalam Shape Collage Pro juga tidak begitu penting, Seperti Save ke file PSD, tidak adanya tulisan ShapeCollage.com pada foto kolase yang sudah jadi, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Foto Kolase Dengan ShapeCollage

Shape Collage merupakan software yang paling mudah untuk membuat foto kolase. Dengan software ini, kamu bisa membuat foto kolase hanya dalam waktu kurang dari lima menit. Jelas, lebih cepat dan lebih mudah bila dibandingkan dengan cara membuat foto kolase di photoshop ataupun di corel draw. Ok, simak berikut langkah-langkahnya;

  1. download softwarenya dari www.shapecollage.com/download, silakan pilih sesuai OS yang kamu pakai. Tersedia juga untuk versi iPhone lho. Jadi kamu bisa bikin foto kolase dengan iPhone kamu.
  2. tambahkan foto ke kotak dialog Photos dengan metode drag and drop, atau bisa juga dengan cara klik tombol (+) lalu pilih foto kemudian klik Open. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan foto dari web, tinggal klik gambar bola dunia yang diapit oleh tombol (+) dan (-), tentunya ini membutuhkan konesi internet. Kamu bisa ambil foto dari facebook, dropbox, google drive, instagram, dan lain sebagainya.
  3. tombol (-) tentunya berfungsi untuk mengurangi atau menghapus foto yang tidak kamu inginkan.
  4. setelah foto terkumpul, pada tab Shape and Size pilih model kolase yang kamu inginkan, misalnya rectangle (kotak), heart (love atau hati) setelah itu tekan create dan tunggu prosesnya. Pada Size, silakan kamu atur sesuai dengan ukuran yang kamu kehendaki.
  5. pada tab Appearance, kamu bisa memilih background, baik dari segi warnanya, background transparan, atau foto background. Sedangkan pada border (semacam garis pinggir atau outline), kamu bisa memilih warna, sekaligus ukuran dari border. untuk tab Advenced, biarkan seperti apa adanya saja.
  6. jika sudah selesai, silakan klik Save. Kamu bisa pilih jenis image JPG atau PNG. Namun, jika kamu memilih background trasnparan, maka jenis file image-nya harus berupa PNG, karena JPG tidak mendukung background transparan sebagaimana telah saya jelaskan pada artikel cara export gambar PNG di corel draw.

Supaya lebih mudah dalam memahami tentang cara membuat foto kolase dengan ShapeCollage, sebaiknya lihat video tutorialnya di atas dengan seksama.

Comments on this entry are closed.