Cara Membuat Gambar PNG di Corel Draw X4

by aries on April 28, 2014

Beberapa waktu yang lalu ada internet user yang menanyakan bagaiamana cara membuat gambar PNG di corel draw x4?. Sebenarnya tutorial corel draw tentang cara export file CDR ke JPG sudah bisa menjawab pertanyaan tersebut. Namun, setelah saya pikir, mungkin pertanyaan tersebut mengarah kepada PNG dengan background transparan.

Yang dimaksud transparan di sini adalah, background dari gambar PNG tersebut seperti tidak ada dan secara otomatis akan menyesuaikan dengan media yang ditempatinya. Misalnya gambar A saya taruh di media dengan warna biru, maka background dari gambar A tersebut akhirnya menjadi biru, pada merah maka akan menjadi merah begitu seterusnya. Jadi, hal ini beda dengan efek transparan yang dihasilkan dengan Interactive transparency tool.

Cara Membuat Gambar PNG di Corel Draw X4

Background transparan semacam ini hanya bisa di dapat apabila file berupa PNG yang sudah disetting transparan. Karena jika tidak di setting demikian, tidak ada bedanya file PNG dengan JPG.

Untuk membuat background foto transparan di photoshop memang sangat mudah. Namun, untuk menggunakan corel draw saya sempat mencari dan bertanya apakah bisa ya dan bagaimana caranya?

Sebagai eksperimen, saya mencoba corel draw versi 11, untuk export ke PNG memang sangat mudah seperti export ke file image lainnya. Yang saya cari adalah letak pengaturan transparannya pada export PNG dengan corel draw 11 itu di mana? Pada akhirnya ketemu juga pengaturan tersebut, namun sayang pengaturan itu tidak berfungsi. Apakah ini corel draw 11 saya yang bermasalah atau memang karakter dari versi 11 ini tidak mendukung untuk transparansi background. Ini pertanyaan yang belum perlu kita jawab sekarang.

Setelah dengan corel draw 11 saya belum berhasil, akhirnya saya memilih corel draw versi X3, prosesnya pun sama ketika saya menemukan pengaturan transparansi pada corel draw 11. Nah, pada versi X3 ini, tool transparansi berfungsi sehigga secara otomatis bisa digunakan untuk membuat gambar dengan background transparan. Setelah itu saya coba bereksperimen pada corel draw X4, hasilnya pun sama seperti pada corel draw veris X3.

Catatan: Tidak hanya objek gambar saja yang backgroundnya bisa di jadikan transparan, objek tulisan pun bisa dan caranya sama saja.

Kesimpulan: Untuk membuat gambar PNG dengan corel draw tidak tertentu menggunakan veris X4 saja, versi di bawahnya pun juga bisa. Akan tetapi jika ingin menghasilkan gambar PNG dengan background transparan, kamu harus menggunakan corel draw versi X3 ke atas.

Sebagai bukti dan penjelasan transparan pada sebuah background, kamu bisa simak video tutorianya di atas.

Comments on this entry are closed.