Cara Membuat Halaman di Facebook (Facebook Fans Page)

by aries on August 26, 2013

Facebook adalah jejaring sosial yang paling banyak dikunjungi, mereka membuat akun facebook untuk berinteraksi dengan relasi, teman, pacar, bahkan untuk sekedar menumpahkan unek-unek saja. Selain itu, facebook juga bisa dijadikan untuk sebuah grup, halaman atau fans page yang merupakan sebuah komunitas online.

Salah satu kampanye agar blog kita semakin laris dan dikenal adalah memanfaatkan FB dengan membuat halaman facebook untuk blog tersebut. Terus bagaimana cara membuatnya? Tenang saja, di sini akan dijelaskan secara detail tentang cara membuat halaman facebook atau fans page secara detail.

Cara membuat halaman facebook

A. Membuat Halaman Facebook atau Fans page

  1. Buka halaman https://www.facebook.com/pages/create/
  2. Di sana tersedia 6 jenis halaman, silakan pilih salah satu yang sesuai. Dan sebagai contoh saya memilih yang nomor 6 atau Perjuangan & Komunitas.
  3. Masukkan nama semboyan atau komunitas pada kolom yang tersedia, cek list box lalu klik tombol mulai.
  4. Pada kotak dialog yang tersedia, anda akan dihadapkan pada dua pilihan, yang pertama “Log in with my Facebook account” artinya anda membuat halaman dengan akun facebook anda yang sudah dibuat sebelumnya. Yang kedua “Create a new business account”. Artinya anda membuat halaman facebook yang sama sekali tidak berkaitan dengan akun facebook anda.
  5. Saya akan memilih yang kedua. Mengenai alasan dan kelebihan pilihan yang kedua ini akan saya jelaskan pada sesi selanjutnya.
  6. Pada kotak dialog selanjutnya, isikan semua form yang diminta lalu klik daftar sekarang.
  7. Buka email yang didaftarkan untuk menyelesaikan proses pembutan halaman facebook atau fans page untuk sebuah blog.
  8. Pada kotak dialog selanjutnya, isikan visi dan misi halaman facebook, foto profil, dan lain-lain lalu klik simpan info.
  9. Halaman facebook sudah berhasil dibuat.

Untuk memperjelas tentang cara membuat halaman facebook atau facebook fans page, berikut saya sertakan tutorial videonya di bawah ini;

B. Merubah Username atau Nama Profil Facebook
Setelah selesai membuat halaman facebook atau fans page, yang menjadi catatan penting dan harus dirubah adalah nama profil atau username. Karena nama profil standar sangat panjang dan tentunya sulit diingat. Sebagai contoh nama profil standar ini “https://www.facebook.com/pages/alltutorialnet/537716292950851” akan saya ganti menjadi “https://www.facebook.com/alltutorial.net”. Ikuti langkah-langkah mengganti nama profil atau username berikut ini.

  1. Login ke halaman facebook yang baru saja dibuat.
  2. Pilih sunting halaman – sunting pengaturan – dan pilih info halaman.
  3. Pada “Alamat Halaman” klik “Masukan alamat web Facebook” lalu pilih “Buat alamat untuk halaman ini”
  4. Pada kotak dialog selanjutnya, pilih “Lanjutkan” dan masukkan nomor ponsel anda untuk memverifikasi halaman tersebut. Kode verifikasi akan dikirim via sms ke no ponsel anda.
  5. Setelah selesai, klik “Pengaturan” lalu ulangi cara nomor tiga. Maka di sana sudah tersedia form untuk mengisi username atau nama pengguna facebook anda, kemudian klik “Cek ketersediaan”.
  6. Jika tersedia, klik “Konfirmasi”, maka username atau nama profil facebook anda sudah berubah sesuai yang diinginkan.

Supaya kamu bisa lebih mudah dalam memahami tentang cara mengganti username atau nama profil/ pengguna facebook, lihat tutorial videonya di atas..

Comments on this entry are closed.