Cara Membuat Kabel DFC atau Kabel EDL Xiaomi

by aries on March 20, 2017

Bagi agan-agan yang sudah terbaisa uprek Android, terutama smarphone Xiaomi tentu sudah tidak asing lagi dengan kabel DFC. Namun hal itu tentu akan sangat asing bagi agan yang tidak pernah atau masih newbie tentang seputar Android. Nah jika kebutulan agan belum tahu apa itu DFC, dan apa fungsinya berikut ini kami jelaskan terlebih dahulu sebelum kita membahas tentang cara membuatnya.

Apa itu kabel DFC

DFC atau Deep Flash Cable merupakan kabel USB yang dimodifikasi secara khusus supaya bisa digunakan untuk melakukan flash Xiaomi brick ataupun Xiaomi-Xiaomi yang tidak bisa masuk mode EDL (Mode 9008). DFC ini juga disebut dengan kabel EDL Xiaomi.

Dengan menggunakan kabel DFC ini secara otomtis Xiaomi akan terdeteksi 9008 di devices manager PC sehingga proses flashing bisa dilakukan.

Cara Membuat Kabel DFC

Kabel DFC itu sendiri sebenarnya sudah banyak dijual bebas di pasaran. Mengingat cara pembuatannya yang sangat mudah sekali tidak ada salahnya kita membuat sendiri di rumah dengan peralatan sederhana. Berikut langkah-langkahnya;

Alat yang dibutuhkan

  1. Kabel data USB biasa
  2. Cutter atau silet untuk mengupas kabel
  3. Saklar atau SWITCH (bisa gunakan bekas handfree yang sudah tidak terpakai). Yang no. tiga ini sifatnya opsional, jadi tidak harus.

Cara Membuat Kabel DFC

  1. Kupas perlahan kabel USB dengan silet atau cutter, di sana akan ada 4 kabel dengan warna berbeda. Yakni, hijau, hitam, merah dan putih.
  2. Kupas kabel warna hitam dan hijau sehinga terlihat srabutnya.
  3. Hubungkan kedua kabel tersebut seperti terlihat gambar berikut ini
  4. Anda bisa gunakan sakla atau lakukan secara manual

Untuk mempermudah tentang cara membuat kabel DFC atau kabel EDL Xiaomi, berikut kami sertakan panduan berupa tutorial videonya.

Catatan:

Brick Xiaomi adalah kondisi dimana smartphone Xiaomi tidak bisa dinyalakan (matot), hanya muncul lampu red led blink ketika dicas ataupun dikoenksikan ke PC. Ketika dikoneksikan ke PC ada yang terdeteksi 900E ada juga yang sama sekali tidak terdeteksi sepeti Mi4C yang pernah kami bahas sebelumnya.

Jika Anda sudah bisa cara membutanya, tentu tidak akan sempurna jika tidak tahu cara menggunakan kabel DFC. Untuk itu, terkait penggunaanya Anda bisa baca tutorialnya di sini.

Comments on this entry are closed.