Cara Membuat Kartu Lebaran 2015 dengan Photoshop

by aries on June 22, 2015

Tak terasa kita sudah memasuki bulan puasa yang berarti Idul Fitri juga telah menanti kita di depan mata. Di hari besar Islam ini, biasanya dijadikan oleh umat Islam di seluruh dunia, terutama di Indonesia, untuk saling bermaafan antara satu sama lain. Bagi umat Islam di tanah air kebiasaan untuk mengunjungi sanak saudara, saling berkumpul dan mengucapkan selamat hari raya idul fitri serta berbagi maaf sudah dilakukan sejak zaman dulu. Hal itu bisa dilakukan apabila mereka beruntung bisa langsung bertatap muka.

Cara Membuat Kartu Lebaran 2015 dengan Photoshop

Nah, bagaimana jika mereka tidak bisa langsung bertemu atau tidak bisa mudik ke kampung halaman? Di zaman yang sudah masuk era globalisasi ini, kendala jarak sudah tidak terlalu berarti. Kita masih bisa saling bersilaturrahmi walau terpisah jarak ribuan kilometer. Kalau dulu kita hanya bisa berkirim pesan lewat telephone dan sms, kini kita bisa menikmati layanan social media yang canggih. Layanan social media sekarang ini sudah banyak sekali jenisnya seperti facebook, twitter, BBM dan masih banyak lagi. Dengan layanan sosmed tersebut, kita bukan saja hanya bisa bertukar pesan suara atau teks saja, tapi pesan gambar dengan resolusi yang cukup besar. Jadi kita sudah tak perlu bantuan pak pos lagi kalau mau berkirim kartu ucapan, ya walaupun dalam bentuk digital sih.

Bagi anda yang sudah kirim kartu ucapan Ramadhan, tak lengkap jika nanti tidak mengirimkan kartu ucapan selamat hari raya Idul Fitri, di bawah ini ada tutorial membuat kartu ucapan selamat hari raya Idul Fitri 1436 H. Anda bisa mengkreasikan kartu ucapan Idul Fitri dengan Adobe Photoshop.

  1. Seperti biasa, pertama kita siapkan lembar kerja kita dulu.
  2. Setelah itu, siapkan gambar yang akan menjadi backround kartu ucapan Idul Fitri. Disini kami menyiapkan gambar masjid, anda bisa juga menggantinya dengan gambar lain semisal gambar laut, gunung atau yang lain.
  3. Buatlah efek graedasi transparan pada gambar agar terlihat menyatu dengan lembar kerja. Caranya : Tambahkan layer vector mask pada gambar dengan cara mengklik Add Vector Mask di bagian bawah panel layer
  4. Klik Gradient Tool. Pastikan warnanya seperti di bawah ini, campupran antara warna hitam dan transparan.
  5. Aplikasikan ke gambar
  6. Tambahkan ornament khas Idul Fitri seperti ketupat, beduk atau yang lain. Anda bisa mencari berbagai ornament yang tak perlu lagi diedit (tanpa perlu dipotong, tinggal diaplikasikan) dengan mencari gambar-gambar berjenis PNG.
  7. Tambahkan teks judul pada bagian backround bergambar
  8. Beri efek pada teks. Aplikasikan Wrap Text pada salah satu kalimat. Klik menu Type pilih Wrap Text maka akan muncul tab seperti pada gambar di bawah ini.
  9. Penambahan Wrap Text pada kalimat paling bawah. Tambahkan juga layer style untuk mempercantik teks. Seperti biasa klik tombol add layer style di bagian bawah palet layer. Disini anda bisa berkreasi dengan menambah stroke (garis pinggir) pada teks, menambah cahaya serta membuat teks seperti timbul. Anda tinggal mengklik tanda centang pada kolom dan mengatur efek pada bagian tengah panel.
  10. Tambahkan teks pesan / ucapan anda pada bagian backround warna putih
  11. Beri hiasan / ornament pada bagian bawah agar tidak terlalu kosong. Anda bisa menggunakan gambar sendiri atau membuatnya dengan shape tool yang sudah disediakan oleh Photoshop. Caranya, klik dan tahan shape tool, pilih custom shape tool. Lalu klik pada dashboard bagian atas untuk memilih bentuk yang anda ingin gunakan.

Supaya lebih mudah dalam memahami tentang cara membuat kartu lebaran 2015 dengan Photoshop, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama.

Comments on this entry are closed.