Cara Membuat Kartu Ucapan Ramadhan dengan Coreldraw

by aries on July 2, 2014

Bulan suci Ramadhan memang sudah memasuki hari ke 4, namun tidak ada salahnya mengirim kartu ucapan Ramadhan untuk orang-orang tercinta atau kolega Anda. Sebuah kartu ucapan Ramadhan yang special tentunya kita harus membuat desain sendiri. Karena kartu ucapan yang tersedia di toko-toko itu sifatnya umum yang tentunya kurang mengena dan spesifik dalam menyampaikan apa yang kita inginkan.

Cara Membuat Kartu Ucapan Ramadan di Coreldraw

Untuk mempermudah cara membuat desain kartu ucapan Ramadhan seperti terlihat di atas, saya sudah menyedikan 2 template, yakni vector masjid dan desain kaligrafi ‘رمضان كريم’ yang bisa kamu download di sini. Sedangkan untuk desain tulisan ‘شهر صيام رمضان’ kamu bisa baca cara membuatnya pada artikel cara merubah gambar bitmap ke vector. Setelah itu, simak langkah-langkahnya berikut ini;

Desain kartu ucapan Ramadan bagian luar atau sampulnya

  1. buka corel draw 11 – X6 sesuai selera kamu.
  2. ubah ukuran mm – menjadi cm dan buatlah kotak dengan ukuran 14 cm. gandakan kotak ini. Caranya; drag kotak ke samping – tekan dan tahan Ctrl – tahan klik kirinya baru klik kanan.
  3. untuk kotak sebelah kanan, kasih warna pale yellow. Kemudian bagian atas di drag ke bawah sehingga muncul duplikat objek (cara menduplikat sama dengan keterangan no. 2, hanya saja tanpa menekan tombol Ctrl). Hasil duplikat objek ini dikasih warna yang lebih tua.
  4. dengan shape tool, landaikan garis bagian atas dari duplikat objek.
  5. setelah jadi, copy dan paste desain ‘رمضان كريم’ ke kotak sebelah kanan.
  6. sedangkan untuk kotak bagian kiri, bisa kamu kasih warna pale yellow atau lainnya.

Desain kartu ucapan Ramadan bagian dalam (isi ucapan dll)

  1. buat dua kotak dengan ukuran 14 cm dan kasih warna pale yellow.
  2. dengan polygon tool, buatlah semacam piramida.
  3. klik dua kali, pindahkan lingkaran kecil yang muncul di tengah ke bagian paling atas. Lalu pada bagian bawah di putar sedikit ke sebelah kanan – tahan klik kirinya – baru klik kanan, maka akan ada duplikat objek. Tekan Ctrl + R untuk menggandakan lagi sehingga nanti jadi sebuah roda dengan beberapa jari-jari.
  4. objek roda dikasih warna light yellow (atau warna senada yang lebih tua) kemudian letakkan di bagian kotak sebelah kiri. Caranya: klik roda – pilih menu Effect – powerclip – place inside container. Setelah muncul tanda anak panah, arahkan dan klik di kotak sebelah kiri tadi.
  5. copy objek masjid dan paste ke kotak sebelah kiri.
  6. untuk kotak sebelah kanan, di isi tulisan ‘شهر صيام رمضان’ dan juga teks sesuai yang kamu butuhkan.

Supaya lebih mudah dalam memahami tentang cara membuat kartu ucapan Ramadan jenis lipat ini, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama.

Comments on this entry are closed.