Cara Membuat Kartu Ucapan Ramadhan dengan Photoshop

by aries on June 14, 2015

Berhubung sebentar lagi kita memasuki bulan Ramadhan. Kita mau share tutorial cara membuat kartu ucapan ramadhan yang simple dan mudah. Nggak usah basa basi lagi, kita langsung cek ke TKP;

Contoh kartu ucapan ramadhan simpel

  1. Pertama kita siapin dulu lembar kerja kita. Atur sesuai selera, tapi yang penting persegi panjang mendatar ya.
  2. Abis itu, buka gambar masjid, terus diseleksi (dipotong). Saran saya, motongnya pake pen tool biar rapi. Tool ini wajib dikuasai kalau mau belajar di dunia edit mengedit photo, bukan cuman di Photosop saja, tool ini juga digunakan di software lain seperti di Illustrator bahkan Correl Draw.
  3. Buka gambar awan dan siapkan di lembar kerja bersama gambar masjid yang tadi udah kita potong. Selain gambar masjid dan awan, kamu juga bisa menggunakan gambar lain seperti gambar laut, gambar pemandangan hutan atau gunung.
  4. Atur level pada kedua gambar agar tampak menyatu
  5. Tambahkan teks di bagian atas gambar dan beri efek.
  6. Efek yang digunakan pada gambar di atas adalah penambahan cahaya dengan outer glow, warna diubah menjadi gradasi dengan gradient overlay, serta menggunakan efek bevel and emboss. Semua efek bisa di temukan di layer style.
  7. Berikut adalah pengaturan pada teks yang digunakan di gambar atas. Efek bisa diatur sesuai selera agar bisa pas dan agar teks bisa mudah dibaca.
  8. Tambahkan teks lagi sebagai ucapan, lalu beri stroke. Cara penambahan stroke bisa dilakukan dengan menekan add layer style seperti pada langkah di atas lalu pilih stroke. (Isi teks ucapan lebih baik tidak perlu diberi banyak efek agar mudah dibaca)
  9. Beri ornamen sederhana pada kartu ucapan anda. Ornamen bisa juga diberi efek tertentu seperti di bawah ini
  10. Terakhir, atur penempatan semua komponen agar lebih menarik. [Hasilnya, Lihat pada gambar paling atas]

Itu tadi cara simple membuat kartu ucapan untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Anda bisa mengkreasikan sendiri bahan lain dengan metode seperti diatas.

Jangan lupa, setelah kamu bisa membuat kartu ucapan Ramadhan dengan Photoshop, belum lengkap jika tidak mencoba tutorial cara membuat kartu ucapan Ramadhan dengan Coreldraw

Supaya lebih mudah dalam memahami tentang cara membuat kartu ucapan ramadhan yang simpel, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama.

Comments on this entry are closed.