Cara Membuat Pas Foto Dengan Coreldraw

by aries on May 9, 2014

Setelah kita membahas tentang ukuran foto 2 R sampai 20 R dimana foto ini biasanya disimpan di album foto atau dipajang di dinding, pada tutorial coreldraw kali ini akan membahas tentang cara membuat pas foto, yang mempunyai ukuran 2×3, 3×4, dan 4×6.

Tutorial Coreldraw - Cara Membuat Pas Foto

Foto ini biasanya digunakan untuk keperluan registrasi ke sebuah instansi resmi atau semisalnya. Mengingat semakin jarang sebuah studio pencetak foto, daripada pusing cari dimana tempatnya, kenapa kamu tidak mencoba cara membuat pas foto dengan coreldraw saja. Langkah-langkahnya pun sangat sederhana, berikut penjelasannya;

  1. buka corel draw, kamu bisa pakai corel draw 11 sampai corel draw X7. saya sendiri pakai corel draw 11.
  2. ubah ukuran Inch menjadi CM
  3. buat sebuah kotak dengan menggunakan rectangle tool (F6), kemudian ubah sesuai kebutuhan, yakni 2×3, 3×4, dan 4,6. Caranya; klik kotak tersebut, pada Object (s) size, ganti panjangnya menjadi 2, 3, atau 4 dan pada tingginya menjadi 3, 4, atau 6. Pastikan Nonproportional scaling (ikon berbentuk kunci) sudah kamu klik.
  4. setelah jadi, drag foto ke area lembar kerja corel draw atau klik FileImport (Ctrl + i) – pilih foto – klik Import.
  5. klik foto – pilih menu EffectPowerclipPlace inside container, seteleh ikon berubah seperti anak panah, arahkan ke objek kotak tadi dan klik di sana.
  6. untuk merubah atau mengatur posisi foto, klik kanan pada foto – edit content – lalu atur tata letaknya sehingga terlihat pantas sebagai pas foto – setelah selesai, klik kanan dan pilih Finish editing this level.
  7. gandakan foto sesuai kebutuhan. Caranya; geser ke kanan atau ke kiri – tahan Ctrl – tahan klik kiri – baru kemudian klik kanan, maka akan ada duplikat objek. Selanjurnya tekan Ctrl + R untuk memperbanyak hasil gandaan foto tersebut.
  8. setelah jadi, saatnya cetak foto tersebut dengan printer yang kamu mililki.

Supaya lebih mudah dalam memahami tentang cara membuat pas foto dengan corel draw, sebaiknya lihat video tutorialnya di atas dengan seksama.

Comments on this entry are closed.