Cara Membuat Pas Foto Dengan Photoshop

by aries on May 11, 2014

Cara membuat pas foto dengan photoshop memang jauh lebih mudah bila dibandingkan dengan membuat pas foto dengan corel draw. Ini tidak lain karena basik dari corel draw memang untuk objek vector, bukan untuk bitmap.

Dengan photoshop, kamu bisa merubah background pas foto dengan warna biru atau merah yang merupakan background spesialis untuk pas foto. Memang ini bisa dilakukan dengan corel draw, namun prosesnya lebih lama dan agak sulit.

Cara Membuat Pas Foto Dengan Photoshop

Untuk membuat pas foto, kamu bisa menggunakan adobe photoshop 7 sampai photoshop terbaru. Saya sendiri menggunakan Photoshop CS3, berikut langkah-langkahnya;

  1. buka photoshop – pilih menu FileNew, pada kotak dialog yang ditampilkan, isikan 2, 3, atau 4 pada width dan 3, 4, atau 6 pada Hight. Pastikan unit yang digunakan adalah CM. Pada Color mode, kamu bisa plih RGB atau CMYK kalau memang pas foto tersebut langsung mau dicetak sendiri (di print). Pada Background content pilih white. Sedangkan untuk resolusinya, kamu bisa pilih 300 atau lebih. Semakin besar resolusinya, maka foto tersebut semakin tajam dan bagus. Setelah itu klik Ok.
  2. gandakan background tersebut dengan tekan Ctrl + J, maka akan muncul layar baru. Cara lain; drag background ke bawah, tepat di samping ikon tong sampah, maka akan muncul layar baru dengan nama background copy.
  3. ubah background hasil duplikat tadi dengan dengan warna biru atau merah sesuai kebutuhan. Caranya; klik dua kali pada background copy tersebut, pada kotak dialog Layer style, pilih Color overlay. Klik pada area warna yang ditampilkan untuk memilih warna yang dibutuhkan.
  4. setelah itu, drag foro ke area lembar kerja photoshop, lakukan duplikat foto sama seperti cara No. 3.
  5. buang background foto, mengenai caranya, kamu bisa baca pada artilkel cara merubah background foto dengan photoshop.
  6. setelah background terbuang, drag foto ke background pas foto (2×3, 3×4, atau 4×6 tadi). Atur tata letaknya sehingga terlihat pas dan menarik.
  7. dengan demikin, cara membuat pas foto dengan photoshop telah selesai. Tapi ini tentunya masih berupa file PSD. Untuk merubah ke format file gambar, kamu bisa baca pada artikel cara merubah file PSD ke JPG.

Supaya lebih mudah dalam memahami cara membuat pas foto dengan photoshop, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama.

Comments on this entry are closed.