Cara Membuat Sampul Facebook Dengan Coreldraw

by aries on January 18, 2014

Bosan dengan tampilan sampul facebook yang itu-itu aja, saatnya kamu membuat desain sampul facebook sendiri dari koleksi foto pribadimu.

Ukuran sampul facebook itu sendiri adalah 851×315 px, jadi tentunya foto-foto yang akan dijadikan sampul facebook ukurannya lebih kecil. sebagai contoh, saya akan menempatkan 3 koleksi foto ke backgound tersebut.

Cara Membuat Sampul Facebook Dengan Coreldraw

Untuk membuat sampul facebook, saya menggunakan coreldraw 11, kamu bisa menggunakan versi yang lebih baru jika kamu mau. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka coreldraw, ganti satuan ukurannya menggunakan pixels seperti terlihat gambar di bawah ini
  2. Buat kotak persegi panjang ukuran 851×315 pixel dengan menggunakan Rectangle Tool atau tekan F6. Kotak ini nantinya akan difungsikan sebagai backgroundnya. Artinya saya akan memilih background sebuah gambar dimasukkan ke kotak ini. Mengenai caranya sama seperti cara pada No. 8 – 11.
  3. Buat kotak persegi panjang lagi ukuran 417×207 pixel (selanjutnya saya sebut kotak pertama) dan 408×197 pixel (kotak kedua). Letakkan ukuran kotak yang lebih kecil tepat ditengah-tengah kotak yang lebih besar. Caranya; klik kotak pertama kemudian sambil tekan Shift, klik kotak yang kedua. Setelah itu tekan huruf C kemudian E.
  4. Sebagi pengganti dari cara No. 4, kamu buat kotak sama dengan ukuran kotak pertama selanjutnya pilih Interactive counter tool dan drag kotak tersebut ke arah dalam, maka secara otomatis akan menduplikat kotak dengan ukuran yang lebih kecil. setelah itu, klik kanan kotak tersebut dan pilih Break Contour Grupe Apart.
  5. Gandakan kotak yang pertama dan kedua dengan cara drag ke atas, kemudian klik kanan, ingat jangan lepaskan klik kirinya sebelum selesai klik kanan. Untuk menggandakan lagi tekan Ctrl + R. semakin banyak kamu menekan Ctrl + R, maka duplikatnya juga akan semakin banyak.
  6. Drag foto-foto yang akan kamu buat sebagai sampul facebook, kemudian masukkan foto tersebut pada kotak yang kedua. Caranya; klik foto – EffectPowerClipPlace Inside Container, maka akan muncul sebuah anak panah. Nah, arahkan anak panah tersebut ke area kotak yang kedua.
  7. Jika foto tersebut ukurannya lebih besar dari kotak, maka edit dengan cara klik kanan pada kotak tersebut lalu pilih Edit Content – kecilkan fotonya – jika sudah pas lalu klik Finish Editing This Level.
  8. Setelah semua foto kamu drag dan dimasukkan ke kotak yang kedua sebanyak kotak yang diduplikat tadi. Kasih warna putih pada masing-masing kotak yang pertama kemudian atur sedemikian rupa setiap foto ke area background dari sampul facebook (kotak dengan ukuran 851×315 pixel).
  9. Tulis nama, pekerjaan, website dan letakkan di bagian kiri atas
  10. Untuk mengganti menyimpan dalam format image, kamu bisa baca pada artikel cara merubah file CDR ke JPG.

Kamu tidak usah khawatir, artikel tentang cara membuat sampul facebook ini dilengkapi dengan panduan berupa tutorial videonya di bawah ini;

Ingin membuat sampul facebook dengan desain yang lainnya, silakan lihat contoh-contoh desain sampul facebook keren & unik..

Comments on this entry are closed.