Cara Membuat Tabel Dengan Corel Draw

by Aris Ahmad on November 20, 2013

Membuat tabel

Untuk cara membuat tabel dengan corel draw, saya akan bagi menjadi dua bagian, yang pertama, membuat tabel dengan ukuran masing-masing kolom sama, dan yang kedua membuat tabel dengan ukuran kolom yang berbeda-beda menyesuaikan tulisan yang akan diletakkan pada kolom dan atau baris.

Sebelum membuka corel draw 11, 12, X3, X4, X5 atau mungkin X6, tentunya kamu sudah punya gambaran jumlah kolom dan rownya (baris), serta ukuran kertas yang akan digunakan. Untuk mempermudah tutorial ini, saya akan membuat sebuah tabel daftar nilai siswa kelas XI A, jumlah siswanya 20, mata pelajarannya IPA & IPS. Berarti row yang dibutuhkan adalah 21. Kenapa kok 21, bukankah jumlah siswa itu 20, lihat gambar tabel di atas, kamu akan menemukan jawabannya. Sedangkan kolomnya adalah 5, yang 2 untuk menaruh tulisan ‘NO’ dan ‘Ket’, yang 3 untuk menaruh tulisan ‘Nama’ tulisan ‘IPA’ dan tulisan ‘IPS’.

Kita mulai dengan opsi yang pertama, berikut langkah-langkhnya.

  • Buka coreldraw, saya gunakan versi X3, silakan kalau kamu menggunakan versi sebelum atau sesudahnya.
  • Pada Toolbox yang berada di sebelah kiri, pilih Graph paper tool atau tekan huruf D. Kemudian isikan jumlah row dan columns nya yang terletak di atas menu toolbox, seperti terlihat gambar berikut ini.
  • setelah itu, drag kursor yang sudah berbentuk seperi jarring, sambil tahan klik kiri ke bidang kerja coreldraw.
  • Maka akan terbentuk sebuah kolom dengan jumlah row atau baris 21 dengan 5 kolom, cara ini sangat efektif apabila memang yang dikehendaki antara ukuran kolom adalah sama. Jika tidak, berarti itu adalah opsi tabel yang kedua.

Opsi kedua cara membuat table dengan coreldraw;

  • Dengan Rectangle tool kamu bikin kotak kecil sekira pas untuk menaruh tulisan ‘NO’ kemudian drag kotak tersebut ke kanan agak panjang ngedargnya sekira nantinya pas untuk menaruh nama-nama siswa, jangan lepaskan klik kirinya sebelum kamu klik kanan. Maka secara otomatis akan terbentuk sebuah kotak persegi panjang.
  • lakukan cara seperti ini sehingga menjadi 5 kolom, tetap menyesuaikan dengan tulisan yang akan ditempatkannya ya.
  • Setelah selesai membuat kolom, saatnya membuat row atau baris. Kamu klik semua kolom tadi, dari atas drag ke bawah, sambil tekan Ctrl, jangan lepaskan klik kirinya, lalu klik kanan. Maka akan terjadi duplikat kolom ke bawah yang berarti row.
  • untuk memperbanyak baris, tekan Ctrl + R sebanyak jumlah baris yang diperlukan.
  • Setelah selesai, tinggal mengetik tulisan yang diperlukan lalu masukkan pada kolom yang dikehandaki, caranya, klik tulisannya, lalu tekan Shift, klik kolomnya, kemudian tekan hruf C dilanjutkan dengan huruf E, maka tulisan tersebut akan berada tepat ditangah-tengah kolom yang kamu klik tadi. Lakukan cara ini sampai semua sampai selesai.

Untuk mempermudah tutorial cara membuat tabel dengan coreldraw ini, berikut saya sertakan panduan berupa tutorial videonya di bawah ini;

Leave a Comment

Previous post:

Next post: