Cara Membuat Teks 3D di Coreldraw

by aries on February 27, 2014

Selain di desain dengan model teks transparan dan teks warna-warni, sebuah tulisan juga bisa di desain menjadi teks 3D dengan coreldraw. Desain teks 3d akan terlihat lebih menarik dan seperti nyata, karena desain teks ini memiliki ukuran panjang, tinggi dan lebar.

Tutorial coreldraw - cara membuat tulisan atau teks 3D

Desain teks 3D ini bisa kamu buat dengan corel draw versi 11, 12, X3, X4, X5 dan seterusnya. Menurut saya sendiri, desain ini cukup sederhana, jadi saya pilih coreldraw 11 untuk mendesainnya. Berikut ini cara membuat desain teks 3D seperti terlihat gambar di atas;

  1. drag gambar background ke are lembar kerja coreldraw, atau kamu bisa menggunakan fasilitas Import untuk memasukkan background ke area lembar kerja coreldraw.
  2. setelah itu, gunakan Teks Tool atau tekan F8 untuk memulia menulis teks, dalam hal ini saya akan membuat tulisan 3D berupa ‘GO GREEN’
  3. Pilih jenis tulisan dengan huruf besar semua, caranya; klik TextChange CaseUppercase – lalu klik Ok
  4. pilih jenis font sesuai selera kamu, kalau bisa jenis font yang tebal. Saya sendiri pilih font baby kruffy.
  5. gunakan, Interactive Extrude Tool untuk membuat efek 3D pada teks, caranya; klik tool tersebut lalu arahkan pada desain tulisan dan seret ke atas, samping, atau ke bawah sesuai efek 3D yang kamu kehendaki. Kalau dalam contoh yang saya buat adalah ke atas.
  6. efek teks 3D sudah bisa terlihat, namun belum begitu sempurna. Untuk menyempurnakannya, klik kanan tulisan tersebut kemudian pilih Break Extrude Group Apart, maka akan menjadi dua objek yang terpisah. Objek yang kedua adalah kumpulan dari efek 3D, yang pertama adalah tulisan GO GREEN itu sendiri.
  7. pilih objek yang kedua, lalu klik Fountain Fill Dialog (F11) untuk membuat sebuah warna degradasi agar efek 3D semakin jelas dan sempurna. Karena ini temanya adalah GO GREEN, saya pilih warna campuran antara hitam dan hijau. Hitam saya pilih untuk memperlihatnya efek 3D supaya lebih jelas. Kalau hijau yang maklumlah kenapa saya pilih warna itu.
  8. untuk sebuah objek yang pertama, yakni tulisan GO GREEN, saya pilih warna hijau juga, biar senada dengan warna dari objek yang pertama.

Supaya lebih mudah dalam memahami tentang cara membuat teks 3D di coreldraw, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama..

Comments on this entry are closed.