Cara membuat teks timbul di corel draw

by aries on March 18, 2014

Selain desain teks 3d, sebuah tulisan juga bisa diolah menjadi desain teks timbul. Desain semacam ini biasa dikenal dengan istilah emboss. Untuk membuat desain teks timbul secara manual, kamu bisa menggunakan coreldraw 11, 12, X3, X4, X5 dan seterusnya.

Cara membuat teks timbul di corel draw

Sedangkan untuk membuat desain teks timbul dengan tool bevel, harus pakai coreldraw X3 ke atas. Karena tool ini hanya tersedia pada corel versi tersebut. Kalau kamu ingin membuat efek timbul yang lebih berfariasi, kamu bisa membuat teks timbul di photoshop.

Cara membuat teks timbul secara manual di corel

  1. buka coreldraw
  2. buat sebuah kotak persegi panjang Rectangle tool (tekan F6) kemudian kasih warna purple
  3. dengan Text tool (tekan F8), ketik ‘alltutorial.net’ misalnya.
  4. untuk merubah menjadi huruf kecil semua, klik TextChange case – pilih LowercaseOk.
  5. saya akan mengecilkan pada bagian tulisan ‘.net’ nya. Caranya; dengan Teks tool – seleksi area pada bagian tersebut. Pada font size list, pilih ukuran yang lebih kecil.
  6. ganti jenis font menjadi Harabara (atau font lain sesuai selera kamu)
  7. kasih warna purple pada tulisan ‘alltutorial.net’. caranya; klik tulisan tersebut lalu arahkan cursor mouse pada sisi kanan dan cari warna purple. Kalau sudah ketemu, klik purple tersebut.
  8. gandakan tulisan ‘alltutorial.net’. caranya; tarik sedikit ke atas agak condong ke kiri, jangan lepaskan klik kirinya sebelum kamu selesai klik kanan. Dengan demikian tulisan alltutorial.net menjadi 2. Untuk mempermudah cara ini, sebaiknya di zoom dulu pada area pojok kiri (huruf ‘a’ pada alltutorial.net)
  9. tulisan alltutorial.net yang meruapakan hasil duplikat di rubah warnanya menjadi lebih muda. Caranya; klik Fill Color Dialog, pada kotak dialog yang ditampilan, ubah pada bagain C: 10, M: 50, dan K: 10 lalu klik Ok.
  10. posisikan tulisan alltutorial yang lebih muda warnanya di bagian bawah dari tulisan alltutorial purple. Caranya; klik alltutorial tersebut lalu takan Shift + page down (pg dn)
  11. gandakan lagi tulisan alltutorial.net yang berwarna purple. Caranya sama dengan yang diatas, hanya saja ditarik ke bagian bawah agak condong ke kanan. Setelah itu diberi warna hitam. Selanjutnya tekan Ctrl + page down untuk memposisikan tulisan alltutorial.net yang berwarna hitam di bawah alltutorial berwarna purple
  12. Dengan adanya kumpulan dari tiga objek tulisan alltutorial.net dengan warna yang berbeda tadi, efek dari teks atau tulisan timbul sudah terlihat. Seleksi semua tulisan ini kemudian tekan Ctrl + G untuk menjadikan objek tersebut dalam satu grup.
  13. Selanjutnya, klik tulisan alltutorial.net – tekan dan tahan tombol Shift – klik kotak persegi panjang – kemudian tekan huruf ‘C’ dan ‘E’ maka secara otomatis teks timbul alltutorial.net akan berada tepat di tengah-tengah dari kotak persegi panjang.

Supaya lebih mudah dalam memahami tentang cara membuat teks timbul di corel draw ini, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama..

Comments on this entry are closed.