Cara Membuat Titik Daftar Isi

by Siti Eka Kurniati on August 7, 2015

Kamu pasti pernah membuat sebuah makalah atau bahkan kamu sekarang ini sedang mengerjakan skripsi buat kelulusanmu. Pasti ada bagian dari makalah atau skripsimu yang merupakan daftar isi. Daftar isi merupakan hal penting dari sebuah karya tulis untuk memudahkan para pembaca untuk menemukan halaman yang mereka cari. Bagian daftar isi tersebut selalu identik dengan titik-titik yang menyambungkan antara judul bab dengan halaman petunjuknya.

Cara Membuat Titik Daftar Isi

Di jaman sekarang yang sudah maju akan perkembangan teknologinya, kamu bisa dengan mudah membuat daftar isi tanpa perlu repot-repot mengetikkan satu per satu titik diantara judul bab dan halaman. Dengan menggunakan Microsoft Word 2007 kamu bisa dengan mudah membuat daftar isi bahkan cara praktis seperti yang akan kami bagikan pada tips dan trick kali ini.

  • Buka lembaran kerja Microsoft Word mu
  • Klik Menu View, lalu beri tanda centang pada Ruler
  • Ketikkan Judul Bab (kamu bisa juga memberi bullet atau numbering pada judul babmu)
  • Perhatikan ruler (penggaris) yang ada di bagian atas lembar kerja, letakkan kursor pada jarak dimana kamu akan memberhentikan titik-titik yang akan tampak di daftar isi. Jika sudah menentukan jarak, double klik pada ruler tersebut (tips : double klik pada ruler agak bagian bawah supaya yang muncul bukan kotak dialog page set up namun kotak dialog Tabs)
  • Setelah kamu double klik, akan muncul kotak dialog tabs seperti pada gambar di bawah ini. Pada bagian Leader, klik pada kolom 2 untuk membuat titik-titik pada jarak antara bagian judul bab dan nomor halaman. Setelah itu klik Set lalu tekan OK.
  • Tekan tombol TAB di keyboard mu dan secara otomatis titik-titik akan muncul hingga jarak yang sudah kamu tentukan tadi. Ketikkan nomor halaman setelah tanda titik tersebut.
  • Tekan enter lalu ketikan kembali judul bab baru kemudian tekan TAB kembali untuk membuat tanda titik
  • Lakukan seperti dua langkah terakhir di atas hingga tabel daftar isimu jadi.

Lihatkan? Kamu bisa dengan mudah membuat daftar isi tanpa perlu mengetikkan tanda titik yang banyak. Menu Tabs bisa sangat membantumu dalam pekerjaan ini dan ini jauh lebih rapi dan efisien ketimbang kamu ketikkan sendiri. Kalau kamu masih kesusahan kamu bisa menyimak video berikut ini.

Mudah bukan cara membuat daftar isi di atas? Semoga tips tadi bisa membantu mempermudah pekerjaanmu.

Comments on this entry are closed.