Cara Membuat Video dari Foto dengan Videopad 2.41

by Aris Ahmad on September 2, 2013

Cara membuat video dari kumpulan foto

Salah satu software editing video yang paling mudah untuk digunakan adalah videopad video editor. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang tutorial cara membuat video dari kumpulan foto menggunakan software ini.

Perlu diketahui, dalam membuat video dari kumpulan foto, saya menggunakan videopad versi 2.41. Jadi, pastikan kamu menggunakan versi ini agar tidak bingung dalam mengikuti pelajaran tentang cara membuatnya :) . Karena versi terbaru, yakni versi 3.00 – 3.12 tampilan utilities dari videopad ini banyak sekali perbedaannya. Tapi, kalau kamu ingin tutorial videopad versi terbaru, silakan request saja via kolom komentar yang telah disediakan. Ok, langsung saja, berikut langkah-langkah cara membuat video dari foto menggunakan videopad 2.41;

  1. Langkah pertama adalah memasukkan foto-foto yang akan dijadikan video dengan cara; klik Add media, pilih foto-foto lalu klik Open. Setelah foto berada dalam kotak dialog File, aktifkan foto dengan cara diklik lalu tekan Ctrl + E atau klik tanda anak panah berwarna hijau yang berada di bawah layar preview sebelah kiri (pengganti Ctrl + E). Cara lain untuk menambahkan foto-foto adalah bermain drag and drop. Drag semau foto yang akan dijadikan video ke kotak dialog Clip. Cara seperti ini, jauh lebih cepat daripada cara sebelumnya.
  2. Tambahkan efek pada masing-masing atau sebagian saja sesuai keinginan kamu dari deretan foto yang sudah ada di dalam timeline (Squanse drag your clip here). Caranya; klik foto – Effect – lalu pilih efek yang dikehendaki. Foto yang sudah diberi efek akan terlihat tanda warna hijau di bagian atas foto.
  3. Supaya hasil video dari foto terlihat lebih bagus, tambahkan transisi pada masing-masing atau sebagian foto yang diinginkan. Caranya; klik foto – Transitions – lalu pilih transisi yang dikehendaki, baru klik Apply. Foto yang sudah diberi transisi akan terlihat tanda warna oranye di foto bagian atas pojok kanan.
  4. Setelah selesai, klik Preview untuk melihat hasilnya dan perhatikan berapa lama durasi video dari foto-foto tersebut. Hal ini kaitannya dengan penambahan audio, karena tanpa audio atau musik, jelas video tersebut akan terkesan aneh dan tentunya menjadi jelek.
  5. Setelah tau durasi videonya, tambahkan musik atau audio dengan cara di drag ke bagian paling bawah, tepatnya berada dalam tulisan (Drag your sound clip here). Lalu potong audio menyesuaikan durasi videonya dengan cara; klik audionya lalu pilih In point yang berada di bawah layar Selected clip preview dan isikan jumlah durasi yang akan dipotong. Saya asumsikan durasi video 3 menit, sedangkan audionya adalah 5 menit, berarti kita memasukkan angkan 2 (dua menit) pada In point lalu klik oke. Ini semua jika audio tersebut yang akan dipotong bagian yang pertama. Kalau yang akan kita potong bagian yang terakhir, maka cukup klik Out point dan lakukan cara seperti sebelumnya.
  6. Jika sudah sesuai, klik Save movie untuk menyimpan hasil videonya dan ikuti langkah selanjutnya.

Untuk mempermudah tutorial cara membuat video dari foto dengan videopad, berikut saya sertakan video tutorialnya di bawah ini;

Coba bandingkan cara ini dengan cara membuat video dari foto dengan windows movie maker, lebih mudah mana? Silakan isikan di kolom komentar yang telah disediakan.

{ 18 comments… read them below or add one }

nisa January 24, 2014 at 6:21 pm

mas, cara mengatur durasi foto-foto sekalian banyak gimana ya? apa atur durasinya harus satu-satu? makasih.

Reply

aries January 25, 2014 at 4:08 pm

Bisa dong, caranya; Klik Menu file – Option – pada Defult still image duration (second) isikan sesuai durasi yang kamu kehendaki.

Reply

Meida March 4, 2014 at 2:50 pm

Mas, minta link untuk download software videopad v 2.41 nya dong ..

Reply

aries March 4, 2014 at 5:18 pm

Sudah saya kirim link downloadnya via email.

Reply

Yoga March 29, 2014 at 4:53 pm

Mas saya juga minta link videopad 2.41 nya

Reply

aries March 29, 2014 at 5:20 pm

Cek email-nya mas, sdh saya kirim

Reply

doddy April 3, 2014 at 5:38 pm

mas aries, saya juga minta video pad nya …

thanks

Reply

aries April 3, 2014 at 10:01 pm

coba Cek email gan

Reply

cahyono widakdo April 22, 2014 at 9:49 am

mas sy juga minta video padnya

Reply

Aris Ahmad April 22, 2014 at 11:56 pm

Cek email agan.

Reply

diprasatya May 15, 2014 at 9:33 am

mas…saya jg minta link nya ya..terimakasih

Reply

Aris Ahmad May 15, 2014 at 12:20 pm

Cek email gan..! thanks

Reply

MAYA June 6, 2014 at 11:39 am

MAS… SAYA JUGA DONG MINTA LINKNYA.. MAU COBA NIH
MAKASIH..

Reply

Aris Ahmad June 6, 2014 at 8:55 pm

Cek email, thanks Maya..

Reply

saltiaebela June 23, 2014 at 6:27 pm

mas, minta link VideoPad v2.41 dong.. skalian buat tutorialnya menggunakan v3.51nya yah. thanks sbelumnya

Reply

Aris Ahmad June 23, 2014 at 8:23 pm

Cek emailnya
lebih spesifiknya tutorial tentang apa? nanti saya bikinkan.

Reply

Fikry July 22, 2014 at 4:07 am

Mas, saya juga minta dong videopadnya…

Reply

Aris Ahmad July 22, 2014 at 5:12 am

Cek email mas.., thanks

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: