Cara Membuat Video dari Foto dengan Windows Movie Maker

by Aris Ahmad on August 31, 2013

Cara membuat video dari kumpulan fotoBanyak sekali software untuk membuat video dari kumpulan foto, salah satunya menggunakan Windows Movie Maker yang merupakan aplikasi bawaan dari Windows XP. Menurut saya Windows Movie Maker adalah aplikasi yang user friendly, jadi kamu dapat dengan mudah membuat video dan mengedit video. Berikut langkah-langkah membuat video dari foto dengan Windows Movie Maker;

  1. Buka Windows Movie Maker.
  2. Pada Capture Video, klik Import Pictures untuk memasukkan kumpulan foto yang akan dijadikan video. Perlu diketahui, foto disini mendukung ekstensi .jpg, .jpeg, .gif, .png, .bmp dan lain sebagianya.
  3. Drag foto ke bawah pada Timeline yang tersedia, bisa satu persatu, atau bisa secara keseluruhan dengan cara tekan Ctrl + A lalu drag ke Timeline.
  4. Agar hasil video dari foto lebih menarik dan bagus, tambahkan Video Transitions. Caranya; klik anak panah yang sejajar dengan Collections, lalu pilih Video Transitions.
  5. Pilih Jenis video transisi lalu drag ke Timeline tepat di antara masing-masing foto. Kamu bisa menambahkan setiap video transisi di antara masing-masing foto yang tersedia di Timeline.
  6. Setelah selesai, jangan lupakan efek video, agar hasil video dari foto menjadi lebih sempurna. Caranya; klik anak panah yang sejajar dengan Video Transitions, lalu pilih Video Effect.
  7. Di sana tersedia beberapa efek video, untuk mengetahuinya, cukup klik salah satu efek video kemudian play, lalu perhatikan.
  8. Setelah menentukan efek video yang akan digunakan, drag efek tersebut tepat di foto (bukan di antara masing-masing foto seperti Video Transitions di atas). Kamu bisa memberikan efek untuk semua foto atau salah satu foto sesuai keinginan.
  9. Setelah selesai, coba di play untuk melihat preview hasil video dari foto yang sudah diberi transisi sekaligus efek.
  10. Kalau sudah oke dan terlihat bagus, kembali ke menu Capture Video, lalu pilih Import Audio or Music untuk menambahkan suara atau sebuah lagu pada video dari kumpulan foto tersebut. Karena tanpa ditambahkan audio atau musik, video dari foto yang sudah terlihat bagus dengan efek dan transisi akan terasa hambar. Tentunya audio atau musik disini menyesuaikan dengan foto-foto yang akan dijadikan video.
  11. Drag audio atau musik tersebut di bawahnya Timeline, tepat sejajar dengan Audio/ Music.
  12. Jika audio atau musik tersebut durasinya lebih panjang daripada videonya, drag dari kiri ke kanan untuk memotong audio atau musik pada bagian akhir, atau dari kanan ke kiri untuk memotong audio atau musik pada bagain yang pertama.
  13. Lalu sesuaikan durasi audio dengan video dengan cara tersebut di atas.
  14. Setelah selesai, klik File, lalu Save Movie File dan ikuti intruksi selanjutnya.

Untuk mempermudah tentang cara membuat video dari foto dengan Windows Movie Maker ini, silakan simak video tutorialnya di bawah ini sekaligus lihat hasilnya;

{ 3 comments… read them below or add one }

Sandybali January 10, 2014 at 12:35 pm

Tutorial yang sangat membantu untuk bikin tampilan. Terima kasih sharingnya.

Reply

aries January 25, 2014 at 4:02 pm

Sama2 gan and matur tengyu

Reply

Fudianto January 26, 2014 at 9:23 am

Berkat tutorial ini, dari ga tau menjadi tau..terima kasih infonya.

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: