Cara Membuka Casing Blackberry Curve 8520

by aries on August 23, 2015

Sudah maklum jika smartphone Blackberry sekarang sudah kalah saing dengan smartphone Android ataupun iPhone. Kalau toh masih ada yang punya Blackberry, rata-rata merupakan BB jadul yang sudah dibeli beberapa tahun silam, atau mungkin baru beli kemarin tapi second 😀 .Kecuali di Amrik sono, yang katanya smartphone Blackberry masih tetap eksis.

Namanya juga BB jadul, sudah pasti rentan dan seringkali bermasalah, baik terkait hardware ataupun software. Kalau masalah software, kita bisa saja langsung menerapkan metode flash blackberry dengan firmware atau OS yang bisa didapat dari situs resminya. Namun jika terkait dengan masalah hardware, tentu kita harus bongkar Blackberry tersebut.

Casingnya yang kokoh serta alur kontruksi yang tidak diketahui tentu akan membuat kita kesulitan membongkar Blackberry. Dalam hal ini kita ambil contoh Blackberry Curve 8520. Coba kita amati, dari segi casing. Mau mulai dari mana kita akan membuka casingnya. Kalau salah bisa berakibat fatal lho, seperti casing jadi rusak, patah. Kalau sekedar casing mungkin kita bisa ganti, coba kalau yang kena itu hardware lainnya, seperti LCD, jalur kabel LCD ataupan yang lain. Tentu harganya juga lumayan mahal, bahkan sparpat-nya lebih mahal daripada harga Blackberry secondnya. 😀

Untuk itu, dalam kesempatan kali ini alltutorial.net akan membahas tentang cara membuka casing Blackberry Curve 8520. Simak langkah-langkahnya berkut ini;

  1. Siapkan dulu obeng bintang dan sejenis alat congkel seperti simcard yang sudah tak terpakai lagi, atau kamu bisa menggantinya dengan kukumu jika punya.
  2. matikan dulu BB-nya ya.
  3. Lepaskan tutup bagian belakang lalu diikuti dengan melepas baterai dan SIM card yang ada di dalamnya.
  4. Setelah itu dari sisi bawah, lepaskan dua baut dengan obeng.
  5. Dari sisi depan, lepas penutup yang ada dibagian bawah dengan cara tarik menggunakan kuku dari atas ke bawah
  6. Lepas penutup LCD dengan kuku secara perlahan-lahan agar tidak mengenai LCD. Tenang saja, penutup ini hanya dilem aja kok.
  7. Dari sisi samping, lepas juga casing dengan cara mencongkel perlahan-lahan dengan kuku yang kamu punya.
  8. dari sisi depan, lepaskan baut yang ada di bawah casing tadi satu persatu dengan obeng (jumlah baut ada 6, dibagian bawah 4 dan bagian paling atas ada 2)
  9. Sekarang saatnya lepas LCD, pastikan kabel-nya sudah dicopot terlebih dahulu.

Untuk mempermudah tentang cara melepas casing Blackberry Curve, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya;

Comments on this entry are closed.