Cara Membuka File Flashdisk di HP Android Dengan Root

by Ummy Tsabit on April 6, 2016

Pada ulasan sebelumnya yang membahas tentang bagimana cara mengakses file Flashdisk di HP Android, dijelaskan bahwa hal tersebut hanya bisa dilakukan dengan mudah jika ponsel atau tablet Androidmu sudah mendukung fitur USB OTG dan bisa menjadi USB Host, sehingga flashdisk langsung bisa dikoneksikan ke ponsel meneggunakan kabel USB OTG.

aplikasi stick mount

Namun sayang, beberapa jenis perangkat mungkin saja mendukung USB OTG tapi untuk beberapa alasan tidak mendukung pemasangan USB drive atau flashdisk (biasanya perangkat yang menjalankan Android versi lama). Dalam kasus tersebut, maka kamu harus me-root ponselmu dan menggunakan aplikasi yang disebut StickMount agar dapat membaca flashdisk. Jika kamu tidak memiliki versi Android yang dilengkapi dengan file explorer built-in yang baru, maka kamu juga akan membutuhkan aplikasi file manager seperti ES File Explorer.

Cara ini sudah diuji dengan ponsel yang menggunakan Android versi Jelly Bean, namun tidak ada jaminan apakah juga akan bekerja pada setiap peringkat lainnya. Semakin lama perangkatmu, maka ada kemungkinan lebih besar kamu akan mengalami masalah driver atau yang lain.

  • Setelah kedua palikasi tadi sudah diinstal (aplikasi StickMount dan aplikasi file explorer), maka colokkan salah satu ujung kabel USB OTG ke dalam ponsel dan koneksikan Flashdisk ke ujung kabel yang satunya. Kamu akan melihat prompt StickMount saat flashdisk terhubung.
  • Tekan OK dan StickMount akan membuat file pada perangkat USB yang bisa diakses.
  • Kamu juga harus memberikan akses root untuk StickMount. Proses ini akan gagal di sini jika kamu tidak me-root ponselmu.
  • Jika kamu setuju untuk kedua dialog dan memilih ‘Use by Default’ pada dialog pertama, kamu tidak akan melihat dialog apapun ketika kamu tersambung ke USB flahdisk-ini semua akan terjadi secara otomatis.
  • Kamu akan melihat pemberitahuan yang menunjukkan bahwa StickMount berhasil memasang (membaca) perangkat yang ada di bawah folder / sd card / usb Storage.
  • Buka aplikasi ES File Explorer pada perangkatmu dan tekan folder USBSTOR.
  • Kamu akan melihat setidaknya satu folder di dalam folder usbStorage. Folder ini mewakili partisi yang berbeda pada perangkat yang terhubung.
  • Ketuk folder dan kamu akan melihat file di dalamnya.
  • Tap atau tekan lama pada file untuk membukanya atau memanipulasi mereka secara normal.
  • Setelah selesai, kamu dapat menekan opsi StickMount di tray pemberitahuan untuk meng-unmount (eject) flashdisk dan lalu lepaskan. Pemberitahuan ini juga memberitahukanmu ketika StickMount telah berhasil membaca sebuah flashdisk.

Comments on this entry are closed.