Cara Memindah Kontak Dari Android Ke iPhone

by Ummy Tsabit on January 3, 2016

Memindah data dari satu ponsel ke ponsel yang baru, memang sangatlah mudah. Namun jika sebelumnya kamu merupakan pengguna dari perangkat Android, kemudian memutuskan untuk beralih ke ponsel iPhone, maka kamu akan menemui beberapa kendala seperti halnya memindah kontak karena keduanya merupakan system operasi yang berbeda, sehingga muncul kekhawatiran akan hilangnya daftar kontak penting di ponsel Android lamamu. Jangan khawatir, karena kali ini akan kami ulas tentang bagaimana cara memindah kontak dari Android ke iOS dengan cepat :

pindah kontak android ke iPhone

Metode # 1 : Memindah kontak Android ke iPhone melalui SIM card

Ini merupakan salah satu cara termudah untuk mentransfer kontak dari satu perangkat ke perangkat yang lain. Dan dalam kasus ini, kita akan memindahnya dari Android ke iPhone. Hal yang pertama-tama kamu lakukan adalah untuk mem-backup semua kontak Android ke SIM card baru yang akan kamu pasang di iPhone dan memindahkan kartu tersebut ke iPhone barumu.

Hal yang dilakukan pada perangkat Android :

  • Buka aplikasi ‘Contacts’
  • Klik pada ikon menu (berupa tanda tiga titik di pojok kanan atas)
  • Pilih opsi ‘Import / Export’
  • Pilih opsi ‘Import from SIM card’

Setelah itu, lepaskan SIM card dari ponsel Android lalu masukkan ke ponsel iPhone barumu. Saat SIM card sudah dipasang, maka langkah selanjutnya yang kamu lakukan adalah :

  • Pergi ke menu Setting > Mail, Contacts, Calendars
  • Pilih menu Import SIM Contacts

Tunggu beberapa menit prosesnya, tergantung pada seberapa banyak kontak yang kamu pindahkan. Tapi biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja. Setelah itu, pergi ke aplikasi Phone di ponsel iPhonemu, dan perhatikan pada daftar kontak untuk melihat hasilnya.

Metode # 2 : Memindah kontak Android ke iPhone melalui Google Mail (Gmail)

Metode mudah lain yang bisa kamu ikuti saat akan memindah kontak Androidmu ke iPhone adalah melalui Gmail (yang mana kamu harus memiliki akun Google). Saat kamu menambahkan kontak ke ponselmu, maka kamu akan selalu ditanya apakah kamu ingin menambahkannya ke SIM card atau Gmail. Alasannya karena dengan memindah kontak ke Gmail, maka suatu saat kamu bisa melakukan migrasi kontak dari Gmail.

Dari perangkat Androidmu :

  • Pergi ke menu Setting > Accounts and Sync
  • Pilih Google dan buka laman Gmailmu (dengan mengetikkan Username dan Password).

Dengan membuka kredensial akun Gmailmu, kamu akan membiarkan Android untuk mensinkronisasikan kontak baik dari SIM card atau kontak yang sudah ada pada ponsel ke akun Gmailmu. Setelah itu selesai, pergi ipHone dan pergi juga ke menu Setting > Mail, Contacts, Calendars. Kali ini, pilih opsi ‘Gmail’.

Lalu kamu akan ditanya untuk memasukkan kredensial akun Gmail sekali lagi. Setelah kamu berhasil login, maka kamu akan ditanya informasi mana yang ingin kamu aktifkan. Ada Mail, Contacts, Calendars, dan Notes. Pilih ‘Contacts’, dan kontak Androidmu semestinya akan diimpor setelah kamu mengizinkan Gmail melakukan sinkronisasi kontak ke iPhone.

Metode # 3 : Memindah kontak, foto, music dan aplikasi dari Android ke iPhone dengan aplikasi Move to iOS

Apple baru-baru ini telah merilis aplikasi pertama mereka yang disebut dengan ‘Move to iOS’ pada Google Play Store bagi para pengguna Android yang ingin memindahkan data-data mereka meliputi kontak, foto, SMS, aplikasi dan file yang lain ke perangkat iOS. Cara menjalankan aplikasi tersebut adalah sebagai berikut :

  • Buka Google Play Store.
  • Cari aplikasi ‘Move to iOS’ lalu install.
  • Jalankan aplikasinya baik di iPhone ataupun Android.
  • Dekatkan iPhone barumu disamping perangkat Androidmu.
  • Pada ponsel iPhone, masuklah ke kredensial Wi-Fi network pribadimu, masukkan username dan kode password.
  • Kembali ke ponsel Android, dan pada Move to iOS pilih jenis data yang hendak kamu transferkan (music, foto, kontak, dan lain-lain). Dan masukkan pula kode yang sama yang sebelumnya sudah kamu buat di iPhone.
  • Saat sudah selesai, kamu akan melihat layar yang berisi “Transfer Complete. Your data has been copied to your new iPhone or iPad…”
  • Proses transfer data dari Androidmu kali ini akan dilakukan secara wireless dan menggunakan kode keamanan. Berhubung semua proses ini akan dilakukan secara otomatis melalui jaringan Wi-Fi pribadi, maka kamu harus mendekatkan antara ponsel Android dan iPhone.

Comments on this entry are closed.