Cara Memotong Video Dengan Movie Maker

by Aris Ahmad on September 13, 2013

Cara Memotong VideoTidak semua video yang kita download sesuai harapan, mungkin ada sebagian dari durasi video tersebut yang tidak kita inginkan. Solusi paling mudah adalah memotong video tersebut dengan menggunakan movie maker. Senada dengan videopad video editor,  movie maker merupakan aplikasi yang mudah untuk editing video. Namun sebelum kamu memotong video dengan software ini, alangkah baiknya video yang akan dipotong diplay dulu dan perhatikan pada detik atau menit berapa letak video yang akan kita potong. Setelah itu, baru gunakan movie maker untuk mengeksekusi pemotongan tersebut.

Untuk memudahkan cara memotong video dengan movie maker, saya akan memberikan contoh memotong video (nama file videonya: Fatin Foya) yang durasinya 7 menit. Saya asumsikan, akan memotong sebanyak 16 detik pada durasi video yang pertama dan 3 menit pada durasi video yang akhir. Berikut langkah-langkah memotong videonya;

  1. Klik Import video, dan pilih video yang akan dipotong, lalu klik Import. Ingat Windows Movie Maker ini hanya support video dengan format .avi, .mpg, .m1v, .mp2, .mp2v dan .mpeg. Jadi pastikan video yang akan diedit menggunakan salah satu format tersebut.
  2. Setelah itu, file video tersebut akan terbagi menjadi beberapa bagian dengan durasi yang berbeda-beda.
  3. Drag video yang akan kita gunakan ke timeline di bagian bawah (bertepatan dengan file ‘Fatin Foya 004’), kalau ternyata video tersebut masih menyisakan durasi yang tidak diperlukan, cukup klik, lalu geser cursor di bagian kiri ke kanan untuk memotong bagain durasi yang pertama, atau kanan ke kiri untuk memotong durasi bagian akhir. Dan saya akan pilih menggeser kiri ke kanan, karena memang yang akan saya potong adalah durasi dari yang pertama.
  4. Drag file ‘Fatin Foya 005’ ke timeline sampai file di mana si Fatin selesai menyanyi, dalam contoh, bertepatan pada file ‘Fatin Foya 016’. Akan tetapi file ini masih menyisakan durasi yang tidak kita perlukan, maka potong durasi tersebut dengan cara geser cursor dari kanan ke kiri sampai benar-benar tepat sesuai durasi yang diinginkan.
  5. Dengan demikian file ‘Fatin Foya 001’ sampai ‘Fatin Foya 003’ dan ‘Fatin Foya 017’ sampai ‘Fatin Foya 032’, tidak perlu kita drag ke timeline karena tidak kita butuhkan. Secara otomatis terpotong dengan sendirinya.
  6. Setelah selesai langkah no. 4, klik FileSave movie file atau tekan Ctrl + P pada keyboard kamu untuk menyimpan video yang sudah dipotong tersebut. Ikuti petunjuk selanjtnya.

Bagamiana, mudah mana cara memotong video menggunakan movie maker dengan cara memtong video menggunakan videopad. Pasti sama-sama mudah, karena kedua tutorial tentang cara memotong video tersebut, saya sertakan tutorial videonya.

{ 2 comments… read them below or add one }

instrumen pengetahuan February 11, 2014 at 7:09 pm

terlalu ribet gan, lama bener, :)
gak ada cara/aplikasi lain yang lebih simple. :D

Reply

aries February 11, 2014 at 7:17 pm

coba agan pakai Gilisoft

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: