Cara Memotong Video Dengan Videopad

by Aris Ahmad on September 10, 2013

Video tutorial cara memotong video dengan videopadUntuk memudahkan cara memotong video dengan software videopad, saya akan mengambil contoh video dengan durasi 7 menit lebih 08 detik. Saya asumsikan video yang akan saya potong adalah bagian awal dan bagian sebelum akhir yang saya tandai dengan warna putih, sebagaimana terlihat gambar di atas, tepatnya di bagian bawah. Sedangkan warna hijau, adalah video yang akan saya gunakan (tidak dipotong).

Untuk memotong video dengan videopad sebagaimana penjelasan di atas, dibutuhkan tiga tahap pemotongan.

  1. memotong video bagian permulaan
  2. memotong video bagian akhir
  3. memotong video bagian awal sampai sebelum akhir, untuk kemudian digabungkan dengan hasil dua potongan video tersebut.
  • Tahap 1 & 2 (memotong video bagian permulaan & bagian akhir)

Saya asumsikan, akan memotong durasi video sebanyak 16.9 detik bagian awal dan di akhiri pada menit ke 4 lebih 45 detik. Caranya adalah sebagai berikut;

  1. Klik Add media, tambahkan video yang akan dipotong, dalam hal ini saya menggunakan videonya Fatin Sidqia Lubis yang selanjutnya akan saya singkat file name nya menjadi “F”. Setelah itu, klik Open.
  2. Aktifkan video “F” dengan cara klik, lalu di play dan perhatikan kira-kira pada menit keberapa akan dilakukan pemotongan videonya, baik dipotong bagain awal ataupun akhir.
  3. Jika sudah ketemu, klik In point dan isikan angka 16.9 detik, lalu klik Ok, dan klik Out point untuk memotong yang akhir, dalam hal ini saya akan isikan 4 menit lebih 45 detik atau tepatnya saat Fatin selesai menyanyi.
  4. Lalu pilih Add clip atau tanda anak panah berwarna hijau, maka hasil potongan video akan berada tepat di bawah tanda anak panah tadi.
  5. Untuk memastikan, apakah hasil potongan sudah seperti yang diharapkan, klik Preview lalu perhatikan apakah sudah pas atau belum, kalau belum tinggal klik In point atau Out point dan edit sesuai yang anda kehendaki.
  • Tahap ke-3

Dengan demikian, pemotongan video ini tinggal satu tahapan saja, yakni memotong bagian awal sampai sebelum akhir untuk digabungkan dengan hasil potongan sebelumnya. Berikut ini langkah-langkahnya;

  1. Klik video filenya “F” lalu pilih In point dan masukkan angka 7.03.9 (tujuh menit lebih dikit) lalu klik Add clip atau tanda panah berwarna hijau.
  2. Pada tampilan kotak dialog selanjutnya, pilih End of the timeline dan klik Oke.
  3. Dengan demikian, video yang sebelum akhir, kurang lebih berdurasi 04 detik akan menyatu dengan hasil video potongan sebelumnya.
  4. Langkah terakhir adalah menyimpan hasil potong video tersebut, caranya; klik Save movie dan ikuti petunjuk selanjutnya.

Untuk mempermudah cara memotong video dengan videopad, simak video tutorialnya berikut ini dengan seksama.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: