Cara Memotong Video di Gilisoft Video Editor

by aries on October 6, 2013

Selain dengan Videopad atau Movie Maker, memotong video yang cukup mudah adalah dengan menggunakan software Gilisoft Video Editor. Dalam memotong video dengan software ini, saya akan bagi menjadi dua bagain;

  1. Memotong durasi video bagian permulaan dan durasi video bagian akhir, berarti yang akan digunakan adalah video yang bagian tengah saja.
  2. Memotong video bagian tengah, berarti yang akan digunakan adalah video bagian awal dan akhir.

cara memotong video dengan Gilisoft

Kita mulai dari opsi yang pertama, berikut langkah-langkahnya;

  1. Buka Gilisoft Video Editor
  2. Pilih CutterAdd Media untuk memasukkan video yang akan di potong.
  3. Geser tombol cut, berupa ikon sebuah gunting ke kanan untuk memotong durasi video bagian permulaan, atau geser ke kiri untuk memotong durasi video bagain akhir. Tentunya semua ini menyesuaikan durasi yang akan kamu potong.
  4. Setetah itu, klik tombol Cut lalu klik Start untuk memulai proses pemotongan video.
  5. Video yang sukses di potong akan ditandai dengan kotak dialog “Cutting the file successfully!”

Untuk opsi yang kedua ini, saya asumsikan video yang akan dipotong adalah bagian tengah dengan durasi 1 menit dari video yang berdurasi 7 menit. Lihat gambar di atas. Berikut langkah-langkahnya;

  1. Geser tombol, berupa ikon sebuah gunting ke kanan sampai sisa durasi video menjadi tiga menit, lalu klik Start. Maka akan menjadi satu file video dengan durasi 3 menit bagain akhir.
  2. Geser tombol, berupa ikon sebuah gunting ke kiri sampai sisa durasi video menjadi tiga menit, lalu klik Start. Maka akan menjadi satu file video lain dengan durasi 3 menit bagain awal.
  3. Setelah itu, gabungkan dua file video tersebut, dengan demikian jumlah video menjadi 6 menit. Untuk cara menggabungkan video, silakan baca pada ulasan ‘Cara menggabungkan video dengan Gilisoft’.

Untuk mempermudah cara memotong video dengan Gilisoft, berikut ini saya sertakan tutorial videonya di bawah ini;

Bagaimana pendapat kamu, mudah mana cara ini, dengan cara memotong video di videopad atau memotong video di movie maker?.

Comments on this entry are closed.