Cara Memperbaiki MicroSD Yang Tidak Terbaca di Android

by Siti Eka Kurniati on December 26, 2015

Ada saat dimana kamu sedang mencabut dan memasang kembali MicroSD dari ponsel kamu karena suatu hal. Dan setelah MicroSD terpasang kembali pada slot MicroSD di ponsel kamu dan setelah ditunggu beberapa saat ternyata tidak ada respon Media Scanning dari ponsel kamu. Dan setelah kamu cek pada Storage ternyata tidak terbaca.

Tidak terbacanya MicroSD pada ponsel kamu bisa terjadi karena beberapa hal. Maka jangan panik, saya akan mencoba membantu cara memperbaiki MicroSD anda agar dapat terbaca pada ponsel anda. Dan cara memperbaiki MicroSD yang tidak terbaca di Android adalah sebagai berikut:

1. MicroSD Tidak Terpasang dengan baik
Setelah kamu melepas kemudian akan memasang ulang kamu perlu pastikan terlebih dahulu apakah MicroSD tersebut masuk ke Slot dengan baik dan tidak goyang. Apa bila tembaga dari MicroSD tidak menyentuh tembaga dari Slot, maka itulah yang menyebabkan MicroSD tidak terbaca pada ponsel kamu.

2. Tembaga MicroSD kotor
Apabila kamu melihat ada noda kehitaman pada tembaga MicroSD, maka penyebab MIcroSD tersebut tidak terbaca adalah karena kotoran yang menghalangi tersebut. Kamu harus membersihkannya terlebih dahulu dengan menggunakan penghapus pensil dan menggosokkan pada tembaga MicroSD satu arah. Apabila masih tidak bersih maka gunakanlah alkohol kemudian dioleskan ke tembaga tersebut dengan cotton bud, gosok perlahan hingga noda itu hilang. Sebelum memasukkan kembali ke Slot, pastikan bahwa MicroSD sudah dalam keadaan kering benar.

3. MicroSD Error
Apabila cara diatas tidak membuahkan hasil dan MicroSD masih tidak terbaca, maka yang harus kamu lakukan adalah menghubungkan MicroSD tersebut ke komputer dengan bantuan Card Reader. Dan setelah dihubungkan akan tampak Removable Disk pada opsi Partisi. Kemudian kita sorot Removable Disk MicroSD kita dan lakukan langkah berikut
Klik kanan > Properties > Tools > Check Now > centang kedua pilihan > Ok
Cara tersebut adalah pamungkas bagi saya saat MicroSD saya rusak, jadi berharaplah kamu berhasil karena alternatif terakhir tidak akan saya sarankan.

4. MicroSD Bad Sector atau Corrupt
Pada fase ini MicroSD anda sudah tidak berfungsi secara optimal. Maka disinilah kamu gunakan alternatif terakhir yaitu Format MicroSD. Seperti yang saya katakan karena saya tidak menyarankannya, tapi apabila kamu sudah siap dengan resiko kehilangan semua file di MicroSD kamu maka lakukanlah Format MicroSD. Format MicroSD bisa lewat komputer dengan klik kana pada Removable Disk MicroSD kemudian pilih Format dan OK. Jika kamu berhasil dengan cara ini, maka bersyukurlah MicroSD kamu masih terselamatkan walaupun file dan isinya tidak.

Selamat mencoba semoga berhasil.

Comments on this entry are closed.