Cara Mempercepat Kinerja Ponsel Yang Lambat

by aries on July 3, 2015

Kinerja suatu smartphone yang lambat, bisa dipengaruhi oleh berbagai hal, seperti terlalu banyak dijejali dengan unduhan aplikasi, prosesor dan RAM yang kurang memadai, memori internal yang terlalu penuh, atau terlalu banyak file sampah. Jika kamu merasa, kinerja ponselmu sudah mulai melambat, sering terjadi lag atau penundaan, maka ikuti tips-tips berikut ini untuk mempercepat kinerja poselmu:

cara mempercepat kinerja android

Tanpa ROOT

• Jika kamu tidak ingin melakukan rooting pada smartphonemu, maka untuk mempercepat kinerjanya adalah, dengan rutin memulai kembali (me-restart) ponselmu. Proses restart ini akan membantu membebaskan memori.
• Selain itu, kamu juga bisa mencopot bateraimu selama sekitar 10 detik, lalu pasang kembali, kemudian hidupkan ponsel.
• Pasanglah aplikasi manajemen data/ pembersih data yang bagus seperti Clean Master.
• Copot pemasangan aplikasi-apalikasi yang tidak kamu gunakan/ tidak terlalu dibutuhkan.
• Untuk seknario terburuk, melakukan factory reset akan menjadi hal terbaik yang bisa dilakukan.

Dengan ROOT

Sekedar untuk mengklarifikasi, berkat melakukan rooting tidak akan membuat ponselmu bekerja dengan lebih gesit atau berjalan lebih cepat. Namun, rooting akan memberimu hak-hak istimewa yang diperlukan untuk aplikasi dan tweak yang akan membuat ponselmu bekerja dengan lebih cepat. Berikut ini, adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meraih kecepatan yang lebih besar melalui proses root :

Mencopot pemasangan (Uninstall) Bloatware

Bloatware adalah aplikasi pre-installed bawaan pabrik yang ada pada ponsel Androidmu. Yang hanya bisa dipindah dengan izin root. Untuk mengetahui cara menghapus aplikasi bloatware dengan root, baca selengkapnya di : Cara Uninstall Aplikasi Bloatware Dengan Root.

Pasang Aplikasi Greenify

Ini merupakan salah satu aplikasi yang butuh akses root bagi pengguna Android yang harus dimiliki. Greenify akan dengan mudah melakukan auto-hibernasi (pembekuan otomatis) pada setiap aplikasi yang tidak kamu gunakan.

Lakukan overclocking

Overclocking adalah proses tweaking pada CPU-mu untuk mendapatkan performa yang lebih tinggi. Kamu harus memastikan lebih dulu kernel ponselmu mendukung overclocking sebelum melakukannya.

Menghapus Log

Setiap aktivitas di smartphone, akan membutuhkan login, dan file log tersebut akan terakumulasi dan memakan memori. Dengan menghapus file log ini, akan membebaskan banyak ruang memori dan membuat ponselmu akan berjalan lebih cepat. Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Log Eraser atau Log Cat untuk menghapus file log tgersebut.

Memindah aplikasi ke SD card

Langkah ini sangat penting jika kamu memiliki ruang penyimpanan internal yang kecil, dibawah 1 GB. Cara mengatur pemindahan alokasi aplikasi ke SD card adalah : pergi ke menu Setting > Storage > Set default write disk to SD card. Jika cara ini tidak bekerja, maka kamu bisa gunakan bantuan aplikasi dari pihak ke tiga, seperti memindahkan aplikasi dengan move to sdcard.

Singkat kata, untuk mempercepat kinerja ponselmu, maka kamu harus rutin merestart ponselmu dari waktu ke waktu, karena akan membantu membebaskan ruang memori. Batasi dirimu untuk hanya menggunakan satu aplikasi task manager atau anti virus. Hindari untuk mengunduh terlalu banyak aplikasi. Jangan menggunakan live wallpapers dan 3D Launcher. Hati-hatilah dengan aplikasi dan custom ROM yang telah kamu install/ flash, terutama setelah proses rooting. Hapus secara rutin file-file yang sudah tidak diperlukan lagi dengan Clean Master atau SD Maid

Comments on this entry are closed.