Cara Mempercepat Loading Google Chrome di Android

by aries on June 6, 2015

Apakah kamu menggunakan browser Google Chrome di perangkat Androidmu? Memang ada banyak hal untuk disukai mengenai chrome ini, mulai dari cara mensinkronasikan history bookmark-mu ke desktop (PC) hingga mode penyamaran yang bisa kamu manfaatkan untuk menutupi sebanyak apapun aktifitasmu yang sedang dilacak. Namun sayangnya dengan seiring waktu chrome bisa menjadi semakin lamban. Untungnya, ada banyak tips dan trik yang bisa kamu gunakan untuk membuatnya lebih baik dan cepat.

Cara Mempercepat Loading Google Chrome di Android

  • Bersihkan Cache

Tips ini akan bekerja pada semua jenis aplikasi, begitu pula dengan chrome. Membersihkan cache aplikasi akan menghilangkan data sementara. Tindakan ini pada dasarnya akan memberikan chrome catatan yang bersih agar dapat bekerja lagi. Cara melakukannya, ketuk menu Setting>Apps> dan temukan chrome dalam daftar aplikasi. Gulir ke bawah, lalu tekan tombol ‘Clear Cache’, lalu restart kembali browsernya dan lihat pengaruhnya. Kamu juga bisa mencoba opsi ‘Clear Cache Data’ tapi kamu perlu untuk melakukan log in lagi ke berbagai macam situs.

  • Berikan chrome lebih banyak ruang memori

Seperti halnya browser versi desktop, chrome juga menyertakan sejumlah pengaturan yang biasa tidak tersedia untuk pengguna, namun kamu tetap bisa mengaksesnya dengan masuk ke “chrome://flags” pada address bar. Kemudian pilih “chrome://flags/#max-tiles-far-interest-area” Tekan daftar drop down yang ada di bawah judul yang disorot dan ubah nilai angkanya dari Default menjadi 512. Pada dasarnya, dengan ini kamu memberikan chrome lebih banyak memori dari perangkatmu untuk bekerja, sehingga kamu bisa melihat situs lebih kompleks termuat lebih cepat dan mengurangi waktu lag.

  • Membatasi Penggunaan Data

Jika waktu loading yang lambat adalah masalahnya. Chrome untuk Android menyertakan fitur data saver yang bisa membatasi kuota datamu dan mepercepat pemuatan laman di waktu yang bersamaan. Buka chrome. Pilih menu ‘Setting’ dan pilih ‘Data Saver’ untuk menghidupkan fitur tersebut. Pengaturan ini akan bekerja dengan mengirimkan lebih dulu halaman permintaanmu melalui server Google dimana mereka akan mengompresnya dan mengirimkan balik kepadamu. Ini tidak termasuk situs sensitif yang ingin diamankan, jadi kamu tak usah khawatir Google akan menjarah datamu, dan kamu bisa melihat beberapa banyak data yang bisa dihemat.

  • Menonaktifkan Java Script

Pergi ke opsi ‘Setting’ kemudian pilih ‘Site Setting’ dan buang tanda centang yang ada pada JavaScript. Hal ini bisa membantu meningkatkan waktu loading halaman pada browsermu. Ada baiknya setelah mencoba semua trick di atas, restart Android kamu dan coba rasakan kecepatan berselancar dengan Google Chrome.

Comments on this entry are closed.